Apa Itu Nomor Seri Motor? Ini Penjelasan dan Letaknya

STNK atau singkatan dari surat tanda nomor kendaraan bermotor adalah dokumen penting dalam berkendara. Di dalam STNK terdapat berbagai rincian penting untuk mengidentifikasi motor, seperti: nama pemilik, nomor registrasi, dan nomor seri motor.  

 

Mengingat pentingnya sejumlah informasi tersebut, STNK wajib dimiliki dan dibawa setiap pengendara motor saat berkendara. Selain itu, STNK juga dapat membuktikan bahwa motor itu benar milik Anda dan bukan motor curian. 

Pengertian dan Letak Nomor Seri Motor  

Sebagai salah satu informasi yang ada di STNK, nomor seri motor merupakan identitas kendaraan motor berupa serangkaian angka, yang umumnya terdiri dari 8 digit. Nomor ini berbeda dengan plat motor. 

 

Nomor seri kendaraan mobil maupun motor tidak selalu urut, bahkan pada umumnya acak. Meskipun acak, tetapi rangkaian nomor ini menunjukkan klasifikasi kendaraan, seperti: mobil, motor, bus, atau kendaraan lainnya. 

 

Nomor ini sangat dibutuhkan saat hendak memperpanjang STNK. Nomor seri kendaraan umumnya ada di salah satu sisi lembar STNK, tepatnya di bagian atas. Dengan demikian, nomor seri dari kendaraan bermotor bisa terlihat dengan jelas. 

Istilah dalam STNK

Selain nomor seri, ada berbagai istilah penting lainnya dalam STNK yang perlu diketahui para pengendara, di antaranya: 

1. BBNKB

Kepanjangan dari BBNKB adalah Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor, yaitu biaya yang biasanya dibayarkan ketika mengubah nama kepemilikan kendaraan tersebut.

2. PKB

Pajak Kendaraan Bermotor atau biasa disebut PKB adalah pajak kendaraan yang wajib dibayarkan setiap 1 tahun sekali.

3. SWDKLLJ

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan atau biasa disebut SWDKLLJ adalah sumbangan yang wajib dibayarkan oleh semua pengendara. Pembayarannya biasanya dilakukan bersamaan dengan saat membayar pajak tahunan.

4. Nomor Urut

Nomor urut dalam STNK bisa didapatkan saat STNK diterbitkan. Selain itu, Anda juga dapat bisa menemukan waktu dan tanggal saat Anda mendaftarkan diri.  

5. NIK

Nomor Induk Kependudukan atau NIK juga bisa ditemukan di dalam STNK untuk memastikan siapa pemiliknya. NIK sangat dibutuhkan saat Anda ingin melakukan balik nama pada kendaraan.

6. Biaya Admin STNK

Biaya administrasi untuk kendaraan juga wajib dibayarkan saat Anda mengganti plat kendaraan 5 tahun sekali atau melakukan balik nama.

7. Berat KB

Berat Kendaraan Bermotor (berat KB) biasanya terletak di kolom bagian lembar identitas kendaraan.

8. Nomor Kohir

Nomor kohir adalah nomor pendaftaran untuk kendaraan baru yang datanya telah diatur oleh SAMSAT atau polres tempat pengurusan STNK.

9. Nomor SKUM

SKUM singkatan dari Surat Kuasa untuk Menyetor. Nomor SKUM ini bisa digunakan untuk mengecek pajak progresif dari kendaraan. Pajak progresif sendiri merupakan pajak yang harus dibayarkan seseorang yang lebih dari satu kendaraan. 

 

Itulah berbagai informasi mengenai nomor seri motor dan STNK yang wajib dipahami para pemilik dan pengendara motor.