Apa Itu Overhaul Motor? Ini Pengertian, Tanda, dan Biayanya

Overhaul motor merupakan salah satu istilah otomotif yang sering muncul ketika melakukan perawatan motor. Sebagai pemilik kendaraan wajib, penting untuk mengetahui apa itu overhaul, tanda untuk melakukannya, dan biayanya. 

 

Overhaul atau biasa dikenal dengan istilah turun mesin dilakukan dengan membongkar mesin, yang bertujuan untuk memperbaiki, memeriksa, dan mengganti komponen motor. Hal ini biasanya dilakukan saat sepeda motor mengalami kerusakan parah, sehingga perlu dilakukan servis secara menyeluruh. 

Tanda Harus Overhaul Motor

Sebagai pemilik motor, Anda perlu mengetahui apa saja hal yang menandakan bahwa Anda perlu melakukan overhaul motor supaya bisa segera melakukannya guna menjaga performa motor. Berikut adalah berbagai hal yang menandakan perlunya overhaula pada motor.    

1. Suhu Kendaraan Meningkat

Suhu motor yang meningkat secara terus-menerus walaupun digunakan dalam kecepatan rendah adalah salah satu tanda kerusakan pada motor. Hal ini bisa menimbulkan overheat (terlalu panas) dan berujung pada matinya mesin motor secara mendadak karena tidak ada proses pendinginan dari oli mesin atau radiator, Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan motor.  

2. Suara Mesin Motor Kasar

Suara mesin motor yang kasar timbul akkibat oli sudah berkurang atau habis. Akibat hal tersebut, mesin bisa meningkatkan kekerasan gesekan antar komponen yang akhirnya menimbulkan suara motor yang kasar.  

3. Kepala Busi Basah

Kepala busi kendaraan yang basah karena terkena oli akan berubah warna menjadi hitam. Busi yang sudah basah akan menyebabkan ruang kompresi mudah terbakar, karena oli sudah masuk ke dalamnya. Untuk mengatasi hal ini, overhaul mesin harus dilakukan agar komponen mesin yang rusak bisa diatasi dengan cepat dan tepat.  

4. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Keluarnya asap putih dari motor juga menandakan perlunya melakukan overhaul. Hal ini bisa terjadi karena terbakarnya oli mesin di ruang bakar. Kondisi ini biasanya terjadi karena motor jarang dirawat.  

5. Air Radiator Berkurang 

Selanjutnya, air radiator yang berkurang turut menandakan perlunya overhaul pada motor. 

6. Terkena Banjir Parah

Para pemilik motor yang tinggal di lokasi rawan banjir harus ekstra waspada. Apabila motor mengalami kebanjiran parah, maka pemilik motor harus melakukan overhaul untuk memperbaiki kondisi motornya. 

7. Modifikasi Mesin Motor yang Berlebihan

Sebagai pemilik motor biasanya memiliki hobi memodifikasi motor. Agar performa motor meningkat, pemilik motor biasanya melakukan bore up. Akan tetapi, hal ini terlalu memaksa mesin motor bekerja melebihi batas kemampuan standarnya. Jika dipaksakan, maka kemungkinan akan ada komponen di dalam mesin yang akan mengalami kerusakan parah.  

Biaya Melakukan Overhaul Motor

Biaya melakukan overhaul motor sebenarnya beragam, sesuai dengan komponen, tingkat kerusakan, dan standar setiapn bengkel. Salah satu kerusakan yang sering terjadi dan mengharuskan untuk melakukan overhaul adalah kerusakan setang piston, piston, metal jalan, dan metal duduk. 

 

Overhaul tersebut biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp100.000 sampai Rp300.000. Begitu pula dengan overhaul lainnya. 


Demikianlah adalah penjelasan mengenai overhaul motor, tanda atau indikator, dan biayanya. Jika motor Anda mengalami salah satu tanda di atas atau bahkan lebih, maka segera periksakan ke bengkel, karena kemungkinan besar Anda perlu melakukan overhaul.