Apa Itu Press Ban Motor? Ini Penjelasan dan Kisaran Harganya

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah ban rusak yang ada pada sepeda motor. Salah satunya adalah press ban motor. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dari press ban tersebut?

 

Press ban atau yang juga dikenal sebagai press pelek merupakan cara yang sering digunakan untuk memperbaiki pelek motor yang mengalami penyok. Pelek sendiri merupakan salah satu komponen di motor yang berperan sebagai tempat pemasangan ban. Terkadang pelek juga kerap dipercantik demi estetika kendaraan. 

 

Pelek yang mengalami penyok ini biasanya terjadi akibat pengendara sepeda motor yang berkendara melewati jalan berlubang. Jalanan yang rusak membuat benturan pada ban dan pelek semakin keras dan bisa mengakibatkan pelek menjadi penyok.  

Biaya Press Ban Motor   

Saat pelek motor penyok, maka Anda sebagai pemilik kendaraan bisa melakukan press ban motor di bengkel sebagai solusinya. Cara ini dilakukan untuk membuat pelek motor kembali ke kondisi semula dan sepeda motor bisa digunakan dengan nyaman dan aman. 

 

Biasanya press ban dilakukan dengan memanaskan pelek ban terlebih dahulu. Setelah itu barulah pelek motor di-press agar bentuknya kembali ke kondisi semula. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan sembarangan, karena bisa mengakibatkan pelek pecah. Jadi, proses ini perlu dilakukan bengkel resmi yang tepercaya. 

 

Biaya perbaikan untuk press ban ini juga bervariasi tergantung jenis motor dan tingkat kerusakan yang dialami pelek tersebut. Setiap bengkel bisa menawarkan harga perbaikan yang berbeda-beda. 

 

Umumnya pelek motor matik dengan ukuran ring 14 dibanderol dengan harga mulai dari Rp80.000. Sementara motor dengan ukuran ban yang lebih besar bisa dimulai dari Rp100.000. Untuk mengetahui harga pastinya, Anda bisa terlebih dahulu membawa kendaraan ke bengkel tepercaya. 

Cara Merawat Pelek Ban Motor dengan Benar   

Selain mengetahui biayanya, Anda juga perlu mengetahui cara merawat pelek ban motor agar bisa terhindar dari kebutuhan untuk press ban. Selain jadi lebih hemat, melakukan perawatan rutin juga dapat membuat motor tetap dalam kondisi prima, sehingga aman untuk dikendarai.

 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat pelek ban motor dengan benar, yakni:  

1. Merawat Ban Motor

Cara pertama adalah dengan melakukan perawatan pada ban sepeda motor. Sebagai komponen yang melekat pada pelek, maka ban tidak kalah penting untuk dirawat. Pastikan tekanan udara ban tetap stabil dan tidak kempis saat digunakan.  

2. Melakukan Pengecatan pada Pelek

Apabila kondisi pelek telah usang, maka ada baiknya untuk dicat ulang. Pengecatan pelek ini bisa dilakukan sendiri maupun dengan membawanya ke bengkel resmi guna mendapatkan servis terbaik.  

3. Gunakan Pelek Sesuai Ukuran Ban Motor

Cara perawatan lainnya adalah dengan menggunakan pelek yang sesuai dengan ukuran ban sepeda motor. Biasanya ukuran pelek bisa lebih besar daripada ukuran ban. Ukuran yang sesuai bisa meminimalkan terjadinya kerusakan. 

4. Berkendara dengan Aman

Cara terakhir adalah berkendara dengan aman. Tidak dapat dipungkiri bahwa cara berkendara bisa memengaruhi kondisi kendaraan. Jika Anda berkendara secara ugal-ugalan, maka pelek bisa cepat penyok akibat terlalu sering  terbentur keras dengan jalanan.

 

Itu dia penjelasan mengenai press ban motor serta kisaran biayanya yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan bermotor. Pastikan untuk merawat kendaraan dengan benar agar performa kendaraan tetap baik dan bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.