servis throttle body

Jika pada motor dulu banyak yang menggunakan teknologi karburator, maka di era motor modern karburator sudah digantikan dengan teknologi injeksi, supaya pembakaran lebih presisi.

Teknologi injeksi ini menggunakan beberapa komponen, salah satunya throttle body (TB) yang kurang lebih punya fungsi yang sama dengan karburator, yakni mengatur debit udara yang masuk ruang bakar.

Karena selalu dilewati udara, kotoran kerap terbawa masuk dan mengendap pada komponen tersebut. TB yang kotor tentu akan mempengaruhi kinerjanya jadi tak optimal, bukan tak mungkin tarikan motor jadi berat.

Servis throttle body dengan cara tradisional dan modern

Untuk itu TB juga perlu diservis untuk membersihkan kotoran yang menempel. Dan untuk membersihkan TB ada 2 cara yang bisa dilakukan, kami menyebutnya dengan cara tradisional dan cara modern.

cairan pembersih throttle body

Cara tradisional yakni dengan membongkar TB dan membersihkan pakai bensin atau TB cleaner. Cara ini persis saat servis karburator dulu, dilepas dan dibongkar tiap komponen dalamnya untuk dibersihkan. 

Ah pastinya proses pengerjaan jadi lebih lama karena perlu melepas part body terlebih dulu, baru bisa menjangkau TB. Jadi kurang praktis buat mereka yang butuh cepat karena motor dipakai bekerja.

Lalu dengan cara modern, yakni tanpa perlu bongkar bodi dan melepas TB karena proses pembersihan menggunakan cairan yang sudah diformulasikan khusus, sehingga lebih praktis dan hemat waktu.

Caranya, cairan tadi disemprotkan lewat selang yang dimasukkan melalui lubang masuk udara yang posisinya ada di boks filter. Proses pembersihan TB cara modern ini bisa lebih bersih dibandingkan cara tradisional, asalkan menggunakan cairan yang tepat dan benar-benar ampuh membersihkan kotoran.

Cocok deh buat kalian yang selalu sibuk, tapi nggak mau mengabaikan perawatan motornya.