Jika ditinjau dari terjemahan namanya, sunmori merupakan akronim dari Sunday Morning Ride alias berkendara (biasanya) sepeda motor di minggu pagi. Aktifitas ini kerap dilakukan berkelompok, atau bisa juga perorangan dan biasanya dilakukan oleh penggiat sepeda motor. Hari minggu pagi di pilih karena umumnya jalanan akan lebih sepi sebelum ramainya lalu lintas di siang hari.

Mulanya, kegiatan sunmori dilakukan oleh mengguna motor dengan kapasitas mesin motor di atas 150cc. Namun sebetulnya, kegiatan ini bisa dilakukan oleh pengguna sepeda motor jenis apapun tanpa batasan kapasitas mesin. Kegiatan sunmori bisa menjadi penghilang penat dengan menikmati udara pagi yang sejuk setelah melewati hari-hari kerja dengan jalanan yang macet.

Sebelum melakukan sunmori, tentunya ada yang harus disiapkan agar berkendara bisa lebih nyaman dan selamat sampai tujuan hingga kembali pulang. Nah, apa saja sih yang perlu di siapkan untuk Sunday Morning Ride?

1. Pilih Destinasi Dan Tentukan Jarak

Sebelum melakukan kegiatan sunmori, Anda tentunya harus punya tujuan perjalanan. Hitunglah jarak yang akan ditempuh agar bisa memastikan kebutuhan bahan bakar dan perbekalan yang akan dibawa. Destinasi ke tempat wisata outdoor, sangat disarankan.

2. Persiapan Fisik

Meski berkendara di hari libur, kesehatan juga tetap menjadi faktor utama yang penting untuk dipersiapkan. Pastikan Anda sudah cukup tidur sebelum melakukan sunmori dan jangan lupa untuk sarapan sebelum memulai perjalanan.

3. Safety Kit

Perlengkapan berkendara perlu juga untuk dipersiapkan. Gunakan helm yang sesuai dengan standar berkendara, jaket, celana jeans, sarung tangan dan sepatu. Lindungi kulit dari debu dan paparan sinar matahari agar tidak menghitam. Bisa juga menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari cahaya matahari pagi yang menyilaukan.

4. Teman Berkendara

Sunday Morning Ride memang bisa dilakukan sendiri, namun lebih baik lagi jika ada teman berpergian baik berdua atau berkelompok. Selain agar suasana berkendara lebih ramai dan menyenangkan, Anda juga tidak akan kerepotan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

5. Sepeda Motor

Adanya sepeda motor menjadi elemen utama dalam aktifitas Sunday Morning Ride. Setidaknya, motor Anda telah dipersiapkan 2 hari sebelum melakukan kegiatan sunmori. Lakukan pengecekan dan servis motor agar berkendara menjadi lebih nyaman.

Persiapan Penting Sebelum Sunday Morning Ride

Khusus untuk sepeda motor, Anda bisa melakukan servis motor di Planet Ban terdekat di kota Anda. Servis motor di Planet Ban mampu membersihkan mesin dari dalam sehingga mesin terasa lebih ringan dan hemat bahan bakar. Selain servis, Anda juga bisa melakukan pengecekan motor secara gratis di Planet Ban.

Untuk melakukan perjalanan jauh saat kegiatan sunmori, Anda bisa mengganti ban terlebih dahulu dengan menggunakan ban Michelin.

Kenapa harus Michelin?

Michelin merupakan produk ban tubeless berkualitas yang nyaman digunakan untuk aktivitas berkendara dengan mobilitas tinggi, khususnya dalam aktifitas sehari-hari. Dengan adanya Michelin Overlap Technology (MOT), ban Michelin tidak mudah rusak karena tusukan paku atau benda tajam lainnya. Tentunya karena lapisan karet ban Michelin yang tebal dan canggih sehingga nyaman digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Nah, itu tadi persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan Sunday Morning Ride. Selain servis motor di Planet Ban yang bikin tarikan mesin enteng, menggunakan ban Michelin juga membuat motor jadi jauh lebih nyaman dan berkendara lebih nyaman.

Sudah siap untuk sunmori weekend ini?

(RN)