Selain cara berkendara yang benar, ban juga memiliki peran yang penting bagi keselamatan. Kualitas ban yang baik serta didukung dengan kembangan yang sesuai dengan jalanan menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Menyesuaikan kembangan (pattern) dengan kontur jalan dalam beraktifitas sehari-hari sangat penting. Kembangan ban berperan yang sangat penting, terutama pada saat jalanan basah saat diguyur hujan.

Mengendarai motor saat hujan bisa membuat ban menjadi sangat licin karena ban menapak dengan tidak sempurna. Fungsi dari kembangan ban adalah untuk membelah air sehingga ban bisa menapak dengan baik.

Seperti yang Anda ketahui, ada beberapa jenis kembangan. Ada yang lurus ditengah mengitari ban, ada juga yang menyilang di sekeliling ban.

Sebelumnya, banyak ban yang memiliki alur tengan yang membujur dengan tujuan untuk membelah air saat hujan. Alur tersebut akan membuat celah agar tapak ban bisa merata dengan aspal sehingga tidak licin, terutama saat berbelok.

 

Seiring berjalannya waktu, kembangan ban dengan alur tengah bersaingan dengan ban lain yang tidak memiliki alur tengan. Kebanyakan ban saat ini memiliki berbagai pola yang lebih menarik untuk menunjang penampilan sepeda motor. Meski demikian, produsen ban tetap menyesuaikan kembangan ban agar bisa digunakan di jalanan basah, maupun jalanan kering.

Untuk menghindari kecelakaan, Anda juga tidak bisa hanya bergantung pada merek, tipe maupun kembangan ban. Berkendara dengan fokus dan selalu menjaga keamanan adalah salah satu cara untuk menghindari kecelakaan.