Sepeda motor yang digunakan rutin maupun sesekali, tetap butuh perawatan. Dari mulai dijaga kebersihannya dengan dicuci, juga perawatan mesin dengan cara diservis. Namun, proses servis bisa dlakukan dalam jangka waktu yang lama. Idealnya bisa 3-4 bulan sekali.

Untuk perawatan ringan, sebetulnya cukup dengan penggantian oli mesin. Dalam jangka waktu tertentu, mesin motor perlu pelumas baru yang besih untuk menjaga kinerjanya. Fungsi dasar oli adalah melumasi bagian mesin agar tidak bergedekan secara kasar yang dapat berakibat kerusakan. Pada saat yang sama, oli juga akan membersihkan kerak sisa pembakaran yang kemudian akan dibuang saat penggantian.

Saat peroses pembersihan sisa kerak pembakaran, oli tetap bekerja dan melumasi komponen mesin lho. Ini juga yang dapat merusak mesin karena pelumas kotor yang mengandung banyak kerak. Maka dari itu, dalam jarak pemakaian 1.000 - 3.000km (sesuai dengan sering/tidaknya penggunaan) oli mesin perlu diganti.

Bagaimana jika oli mesin sepeda motor tidak diganti secara rutin? Ini dia dampaknya: 

Baca Juga: Ganti Ban Motor, Jangan Tunggu Botak!

Gesekan Mesin Yang Kasar

Oli berfungsi sebagai pelumas mesin. Hal tersebut akan membantu mesin bekerja dengan lebih halus dan nyaman. Setiap gesekan antar mesin akan berkurang ketika oli dalam keadaan baik dan dan bersih. Biasanya, gesekan mesin ini akan membuat suara kasar dan tarikan yang tidak nyaman selama perjalanan.

Overheat

Jarang mengganti oli mesin juga bisa membuat mesin motor menjadi overheat. Oli mesin berfungsi juga sebagai pendingin mesin. Jika mesin mengalami overheat, maka kadar oli akan mengalami penurunan. Jika dibiarkan, lama-lama komponen yang ada pada mesin akan mengalami kerusakan akibat gesekan yang halus tanpa melumas.

Memperpendek Usia Mesin

Jika kadar oli berkurang dan mesin bekerja dengan “terpaksa”, maka dampak terbesarnya adalah usia mesin yang lebih pendek. Oli mesin dapat menjaga mesin bekerja selama pemakaian. Jika mesin sudah rusak, tentu akan lebih mahal biaya pernaikannya.

Mesin Mati Mendadak

Jika kadar oli berkurang akibat penguapan, maka motor akan sulit menyala atau mati mendadak saat di perjalanan. Jika hal ini sudah terjadi, penambahan atau penggantian oli, mungkin tidak bisa membantu menyalakan mesin.

Info: Promo Akhir Tahun Planet Ban, Potongan Harga Untuk Banya Produk!

Itulah yang terjadi jika kamu jarang mengganti oli mesin untuk sepeda motor. Meski terlihat sepele, dampaknya banyak juga lho. Bahkan bisa meursak mesin. Kalau mau ganti oli, Planet Ban menyediakan oli X-Ten Full Synthetic Ester untuk menjaga mesin tetap stabil dengan pemakaian yang lebih lama!


(RN)