Apakah Aki Kering Bisa Dicas? Ini Penjelasan dan Caranya

Aki adalah komponen vital pada kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan tenaga listrik yang diperlukan saat akan menyalakan kendaraan. Aki kering adalah jenis yang banyak digunakan akhir-akhir ini, karena lebih mudah dirawat. Namun, munculnya pertanyaan tentang apakah aki kering bisa dicas agar dapat meningkatkan performa kendaraan. 

 

Dikutip dari bbppmpvboe.kemdikbud.go.id, fungsi utama aki adalah untuk menampung energi listrik ketika memulai kendaraan dengan menekan starter. Saat mesin sedang menyala, aki juga dapat menampung alternator yang penting untuk mengisi ulang daya saat kendaraan dipakai sekaligus menyimpan energi saat mesin kendaraan mati. 

Apakah Aki Kering Bisa Dicas? 

Lantas, apakah aki kering bisa dicas? Jawabannya adalah bisa. Simak cara dan penjelasan selengkapnya berikut ini:   

1. Melepas Aki dari Motor

Untuk memastikan pengisian aki berjalan dengan baik dan menghindari masalah yang timbul pada kendaraan, pastikan aki sudah dilepas dari motor sebelum dicas. 

2. Memilih Pengisian yang Cocok untuk Aki Kering 

Untuk mencegah overcharging pada aki kering kendaraan bermotor, maka langkah yang harus dilakukan untuk mengecas aki kering adalah menentukan jenis pengisian yang sesuai dengan aki kendaraan, khususnya jenis aki kering. 

3. Menghubungkan Aki dengan Alat Cas 

Sebelum menghubungkan aki kering dengan alat casnya, pastikan posisi polaritas aki sudah tepat. Hubungkan bagian cas positif ke terminal positif, dan cas negatif ke terminal negatif. 

4. Sesuaikan Pengaturan Cas Aki Kering

Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan pengaturan cas dengan jenis aki kering. Saat ini, sudah tersedia banyak cara mengecas aki kering yang modern dan dapat mendeteksi jumlah pengisian yang diperlukan secara otomatis. 

5. Menentukan Area saat Mengecas Aki   

Selanjutnya, pastikan area yang digunakan saat mengecas api memiliki ventilasi yang memadai. Selain itu, penting pula untuk menjauhkan api dan bahan-bahan yang mudah terbakar dari lokasi pengecasan aki kering. 

6. Menunggu Aki Kering Selesai Dicas

Hal yang perlu diwaspadai saat melakukan pengecasan aki kering adalah jangan membiarkan aki terhubung dengan alat cas terlalu lama saat selesai melakukan pengecasan. Saat pengecasan berlangsung, perhatikan prosesnya sudah sesuai dengan instruksi charger. Lalu, saat sudah selesai, lepaskan charger dari aki.  

7. Uji Kondisi Aki Kering 

Setelah aki kering selesai dicas, maka langkah terakhir adalah mengecek daya listrik pada aki apakah kapasitas dan tegangannya sudah kembali normal.

 

Jika motor dalam keadaan sulit untuk dihidupkan menggunakan tombol starter, maka lampu indikator aki kering akan menunjukkan bahwa baterai lemah. Saat itu, aki pun kehilangan daya tanpa sebab pasti. Jika demikian, maka sudah saatnya untuk memeriksa kondisi aki kering tersebut. 

 

Kesimpulannya, jawaban dari pertanyaan apakah aki kering bisa dicas adalah bisa. Lakukan langkah-langkah di atas untuk mengisi aki dengan baik dan benar demi optimalnya performa motor.