Arti Kode 12 Yamaha, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda menemukan kode 12 Yamaha muncul di speedometer? Kode misterius ini sering membuat bingung dan khawatir terutama pada model motor Aerox. Indikasi ini menandakan bahwa terdapat masalah pada komponen penting motor yang bertugas untuk mengatur pengapian mesin.  

 

Hal ini tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini dapat mengakibatkan motor mati secara mendadak dan bahkan kerusakan yang lebih serius. Kode ini sebenarnya adalah salah satu kecanggihan dari motor Aerox, yang memudahkan penggunanya mendeteksi masalah. 

Apa Arti Kode 12 Yamaha?

Arti kode 12 Yamaha pada speedometer menandakan adanya permasalahan yang terjadi pada CPS atau Crank Position Center. CPS merupakan komponen yang sangat vital dan bertugas untuk mendeteksi posisi engkol dan mengirimkan sinyal ke Engine Control Unit (ECU). Sinyal ini digunakan oleh ECU untuk menentukan timing pengapian dengan tepat. 

 

Saat CPS mengalami gangguan kerusakan, maka ECU tidak dapat membaca informasi tersebut dengan benar, sehingga menyebabkan mesin mengalami masalah, seperti mati mendadak atau sulit untuk dihidupkan. Penyebab utama kerusakan pada CPS itu sendiri, di antaranya: kerusakan fisik, korsleting atau konektor yang korosi.    

Penyebab Munculnya Kode 12 pada Yamaha 

Selain karena penyebab utamanya, yaitu pada CPS dan gangguan listrik, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya kode 12 pada Yamaha. 

  1. Kualitas Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi atau terkontaminasi akan menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik. Kerusakan ini juga termasuk pada rusaknya CPS.

  1. Suhu yang Ekstrem

Paparan suhu yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat memengaruhi kinerja CPS dan komponen kelistrikan lainnya. 

  1. Getaran yang Berlebih

Getaran yang berlebihan akibat dari bentrokan dengan kondisi jalan yang buruk dapat menyebabkan terjadinya masalah pada suspensi. Hal ini membuat rusaknya koneksi listrik dan komponen elektronik lainnya. 

Cara Mengatasi Kode 12 pada Motor Yamaha

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi saat kode 12 muncul pada speedometer

  1. Periksa Koneksi Listrik

Pastikanlah semua koneksi listrik pada CPS termasuk kabel dan konektor dalam kondisi yang baik dan tidak mengalami korosi. Bersihkanlah konektor jika hal itu diperlukan.

  1. Ganti CPS

Jika masalah masih saja terus berlanjut setelah memeriksa koneksi listrik, maka kemungkinan besar CPS perlu diganti dengan yang baru. Gunakanlah suku cadang asli untuk memastikan kualitas dan kompatibilitasnya.   

  1. Periksa ECU

Pada beberapa kasus, masalah kode 12 pada Yamaha disebabkan oleh adanya kerusakan pada ECU. Jika masalah pada CPS sudah teratasi dan masih saja muncul kode 12, maka sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut.  

 

Kode 12 Yamaha menjadi indikasi adanya masalah pada CPS motor, yang menyebabkan motor sulit dihidupkan. Lakukan perawatan dengan tepat dan rutin, agar dapat mencegah munculnya kode tersebut.