Bagi Pengguna Baru: Begini Cara Membuat Barcode Pertamina

Sejak diujicobakan di bulan September 2022 hingga saat ini, masyarakat diwajibkan untuk tahu cara membuat barcode Pertamina jika ingin membeli BBM bersubsidi, seperti Pertalite ataupun Solar.

Jika belum memiliki barcode Pertamina atau belum mendaftarkan kendaraannya di MyPertamina, maka pembelian BBM subsidi tidak bisa dilayani. Artinya, hanya ada Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, atau Pertamina Dex yang menjadi pilihan sebagai BBM jika kendaraan kita belum terdaftar.

Sampai dengan artikel ini ditulis, harga BBM Pertamax adalah Rp 12.800 per liter, sementara Pertamax Turbo dibanderol dengan harga Rp 14.050 per liter, Dexlite kini harganya Rp 16.150 per liter, dan Pertamina Dex kini dibanderol Rp 16.750 per liter. Sementara Pertalite yang merupakan BBM bersubsidi harganya masih bertahan di Rp10.000 per  liter.

So, jika Anda bermaksud untuk membeli Pertalite hari ini, segera dapatkan barcode atau QR Code Pertamina.

Apa itu QR Code

QR code (Quick Response Code) adalah jenis kode matriks dua dimensi (2D) yang dapat menyimpan informasi dalam bentuk gambar. QR code sering digunakan untuk menyimpan informasi teks, tautan website, nomor telepon, email, dan lain-lain. QR code bisa dibaca dengan menggunakan scanner QR code atau kamera pada ponsel pintar dengan aplikasi pembaca QR code.

QR code memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kode batang atau kode matriks satu dimensi (1D) lainnya. QR code memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, bisa membaca informasi dengan lebih cepat, dan memiliki tingkat keandalan yang lebih tinggi. Selain itu, QR code juga dapat disimpan dalam berbagai bentuk, seperti pada kertas, plastik, atau bahan lainnya.

QR code sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk membayar tagihan, menu makanan dan minuman, promosi produk dan layanan, atau sebagai pengganti tiket pada acara tertentu. QR code juga sering digunakan pada aplikasi mobile banking, e-commerce, dan fintech.

Cara Membuat Barcode Pertamina

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebagai cara membuat barcode Pertamina yang dapat digunakan untuk membeli BBM bersubsidi.

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya. 

  • Akses subsiditepat.mypertamina.id.

  • Centang informasi bahwa Anda sudah memahami persyaratan. 

  • Klik “Daftar sekarang”. 

  • Ikuti instruksi yang diberikan dalam website tersebut. 

  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala. 

  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh barcode Pertamina yang diberikan. Anda juga bisa mencetaknya.

Demikian cara membuat barcode Pertamina yang paling mudah, dan jika barcode sudah Anda dapatkan, Anda pun bisa membeli BBM bersubsidi dengan harga yang lebih terjangkau.

banner CTA Rasa Mesin Baru