Berapa Biaya Service Motor Rutin yang Harus Dianggarkan Pemilik?

Membeli motor berarti siap untuk merawatnya juga. Motor yang tidak terawat akan cepat rusak. Seringkali service motor dihindari karena dianggap mahal dan bisa ditunda jika sudah benar-benar rusak. Sebenarnya, berapa biaya service motor itu?

Kapan Service Motor Rutin Dilakukan?

Dikutip dari laman www.astramotor.co.id, service motor rutin harus dilakukan karena performa motor akan terus menurun seiring dengan lama dan cara penggunaan. Motor yang sering digunakan untuk perjalanan jauh dan lalu lintas yang padat akan bekerja lebih berat daripada penggunaan normal.

Waktu service motor rutin yang dianjurkan adalah:

1. Berpatokan pada jarak tempuh yang telah dilakukan, yaitu setiap 2.000 – 3.000 km, yang bisa dicek melalui speedometer. 

2. Berpatokan pada waktu, yaitu 2-3 bulan sekali. Jadi, meski jarak tempuhnya tidak jauh, service rutin tetap perlu dilakukan.

3. Berpatokan pada jadwal service yang ada di buku panduan, yang diberikan oleh dealer ketika membeli motor tersebut.

4. Jika ada keluhan khusus, misalnya ada suara-suara yang tidak semestinya atau ada bagian dari kendaraan yang mulai tidak lancar ketika digunakan.

Jika jadwal service sudah diketahui, selanjutnya adalah menyiapkan biaya service motor tersebut.

Berapa Biaya Service Motor Rutin?

Komponen motor itu sangat banyak. Kabar baiknya, masing-masing menjadi aus atau kotor dalam waktu yang berbeda. Jadi tidak semua harus diganti sekaligus sehingga penyediaan biaya service bisa diatur sesuai dengan prioritas. Berikut ini jenis-jenis service motor dan biayanya:

1. Service lengkap atau tune-up dengan kisaran harga Rp 75.000,- sampai Rp 150.000,- tergantung jenis motor, apakah motor bebek, matic atau sports. Service ini sudah termasuk ganti oli, pembersihan sumbatan-sumbatan dan pelumasan. Tune up bisa dilakukan setiap jarak tempuh 3.000 km sekali atau setiap 3 bulan sekali.

2. Service ringan. Harganya tentu saja di bawah service lengkap, mulai kisaran Rp 50.000,-. Ini hampir sama dengan service lengkap, hanya saja tidak termasuk pemeriksaan ban, roda dan kopling, serta tidak ada penggantian spare part.

3. Ganti oli mesin dengan biaya mulai Rp 40.000,- sudah termasuk jasa penggantian oli. Penggantian oli bisa dilakukan setiap jarak tempuh 2.000 sampai 3.000 km sekali atau setiap 2 bulan sekali.

4. Oli gardan dijual mulai Rp 15.000,- sudah termasuk jasa penggantian. Waktu pemakaian oli gardan lebih lama dari oli mesin, yaitu sampai waktu tempuh 40.000 km atau 2 tahun.

5. Busi sebaiknya diganti setelah jarak tempuh 7.000 km atau setelah 2 kali ganti oli. Harga busi yang bagus sekitar Rp 21.000,-. Di toko online memang banyak yang menjual busi dengan harga jauh lebih murah. Tapi sebaiknya cek dulu keaslian dan mutunya.

6. Filter udara bisa diganti setiap 15.000 km atau tergantung jenis motornya. Harga filter udara mulai Rp 50.000,-.

7. Kampas rem adalah bagian motor yang sangat penting untuk keselamatan. Jangan membeli kampas rem yang asal murah harganya. Harga kampas rem dengan merk asli mulai Rp 41.000,-.

8. Aki memiliki usia pemakaian yang lama, sekitar 2 tahun. Tapi jika ada tanda-tanda melemah, sebaiknya segera diganti. Harga aki memang agak mahal, mulai Rp 150.000,-.

9. Ban dihargai mulai Rp 175.000.- di Planet Ban. Ada yang menyarankan penggantian ban setiap 2 tahun sekali, ada pula yang menyarankan penggantian ban setelah jarak tempuh 12.000 km untuk ban depan dan 10.000 km untuk ban belakang. Yang pasti, alur ban harus rutin dicek agar bisa segera diganti jika sudah gundul tanpa menunggu waktu-waktu tersebut.

10. Service berat merupakan perbaikan yang melibatkan penggantian suku cadang. Biaya service berat tergantung dengan kerusakan, yang biasanya terjadi akibat kecelakaan atau kerusakan yang merembet karena telat service rutin.

Dengan mengetahui masa pemakaian dan biaya service motor, maka pengeluaran tersebut akan tampak dalam anggaran rutin pribadi atau rumah tangga sehingga bisa diatur dan tidak menjadi sesuatu yang luar biasa, kecuali ada kejadian khusus yang mengakibatkan service berat. Kesadaran akan biaya perawatan harus sudah ada sebelum memutuskan membeli motor.