Bagi yang menggunakan sepeda motor dalam kesehariannya, melakukan servis motor untuk perawatan berkala tentu menjadi suatu kewajiban. Jika tidak, maka performa motor akan menurun, bahkan mengakibatkan kerusakan. Jika hal itu terjadi, biaya yang dikeluarkan bisa lebih mahal.

Namun, meski tidak dilakukan setiap minggu, biaya servis motor tetap terasa menguras kantong! Idealnya, 2-3 bulan sekali untuk melakukan servis motor. Kira-kira, berapa sih biaya servis motor yang harus dikeluarkan?

Pada awal penggunaan sepeda motor, beberapa pabrikan sepeda motor memberi layanan servis motor yang bisa dilakukan secara gratis pada batas kilometer tertentu. Servis motor secara gratis ini biasanya dilakukan pada jarak tempuh 500km, 2.000km, 4.000km dan 8.000km. Servis motor gratis biasanya terbilang servis ringan, meliputi pengecekan dan penyetelan beberapa bagian pada sepeda motor.

Ganti Oli Rutin

Mengganti oli mesin merupakan hal wajib bagi pengguna sepeda motor. Mengganti oli mesin juga merupakan bagian dari servis motor yang umumnya dilakukan setiap bulan. Mengganti oli berfungsi sebagai pelumas yang melapisi bagian logam, dan melindungi mesin agar tidak mudah berkarat agar mesin motor tetap dalam performa yang baik dan bebas dari gangguan.

Biaya penggantian oli mesin untuk sepeda motor terbilang relatif berdasarkan jenis dan volume oli. Selain itu, harga oli mesin juga bervariasi. Salah satu penyebabnya harga oli menjadi berbeda dan lebih mahal adalah pendistribusian oli dari pabrikan ke penjual/bengkel.

Harga oli mesin terbilang bervariasi bulai dari 40 ribuan hingga 150 ribuan, tergantung spesifikasi oli untuk mesin motor. Selain kandungan dalam oli mesin, besaran kapasitas mesin juga berpengaruh pada harga oli. Itu pun belum termasuk biaya pengerjaan di kisaran 10-15 ribuan.

Servis Rutin Tune Up

Selain ganti oli, servis tune up juga harus dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi motor. Umumnya servis tune up meliputi sejumlah komponen pada sepeda motor, seperti: mengecek tekanan ban, mengecek kondisi rantai/CVT, mengecek dan membersihkan injeksi, karburator dan radiator dibersihkan, mengecek alat ECU dan kelistrikan, pengecekan filter udara, rem hingga shock breaker. Biaya servis tune up juga bervariasi. Umumnya mulai dari 65 ribu hingga 100 ribu.

Di luar itu, jika terjadi masalah atau kerusakan pada sparepart, maka ada biaya untuk membeli sparepart yang diganti. Harga yang harus dibayar tentu diluar biaya servis tune up tadi. Menunda-nunda servis motor yang mengakibatkan masalah pada motor adalah akar masalahnya.


Akan tetapi, disarankan agar membawa uang lebih saat akan servis motor. Karena, apabila saat diservis ternyata ada kerusakan sparepart, dan memerlukan biaya yang harus diperbaiki atau diganti. Tentunya pihak bengkel motor akan memberi tahu kerusakannya terlebih dahulu, dan menanyakan kepada pemilik kendaraan untuk segera diganti atau tidak.

Di Planet Ban, servis motor bisa di lakukan dengan lebih hemat.

Untuk penggantian oli, tersedia oli X-Ten Ester Synthetic yang sesuai dengan kapasitas mesin berbagai jenis dan tipe sepeda motor. Oli X-Ten tidak hanya melumasi tapi juga menjaga performa mesin tetap stabil selama digunakan. Oli X-Ten melapisi dinding mesin agar keinerjanya lebih halus dan tentunya menjaga mesin dari karat. Dengan teknologi Esterm oli X-Ten menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga bebas dari overheat pada jarak tempuh yang jauh. Oli X-Ten dijual dengan harga mulai dari Rp 42.000 di seluruh Planet Ban dan gratis biaya ganti oli.

Untuk servis motor, Planet Ban menyediakan layanan Servis Rutin yang bisa dilakukan setiap 5.000KM atau sekitar 2-3 bulan sekali. Servis Rutin di Planet Ban, terfokus untuk membersihkan throttle body dan perawatan CVT atau bagian rantai pada motor manual. Selain itu, dilakukan juga pengecekan dan penyetalan ban, rem, radiator, aki, air filter, busi, ECU dan CVT/rantai motor. Untuk Servis Rutin, biayanya hanya Rp 39.000

Untuk servis lanjutan, ada Servis 10.000KM yang dilakukan setelah menempuh jarak 10.000KM atau sekitar 4-6 bulan. Servis 10.000KM meliputi pembersihan bagian dalam mesin dan injector dengan cairan khusus yang aman untuk mesin. Membuat mesin tetap awet dan mengembalikan tenaga serta tarikan seperti mesin baru.

Tidak hanya itu, pada Servis 10.000KM, dilakukan juga servis throttle body, CVT/rantai set dan pengecekan ban, rem, radiator, aki, air filter, busi, ECU. Untuk Servis 10.000KM, hanya Rp 89.000 lho. Jangan lupa, pada Servis 10.000KM, harus dengan penggantian oli X-Ten mulai dari Rp 42.000.

Info lokasi Servis Motor di Planet Ban: