Berapa Saja Ukuran Ban Sepeda?

Ingin membelikan sepeda untuk pasangan, anak, orang tua, adik kakak, sahabat, teman atau ingin memberikan hadiah sepeda bagi relasi/rekanan kerja? Kenali dulu jenis-jenis sepeda dan ukuran ban sepedanya, yang sesuai dengan tingkatan atau umur, agar sepeda yang akan diberikan tidak sia-sia bisa digunakan dengan nyaman.

Jenis-jenis dan Ukuran Ban Sepeda

Saat ini, bersepeda merupakan salah satu kegiatan atau olahraga yang banyak dilakukan masyarakat, baik kalangan muda dan dewasa. Hampir di setiap jalan-jalan, pasti kita temui para peseda, dengan menggunakan berbagai jenis sepeda.

Ada 9 jenis sepeda, yaitu:

1.      Sepeda onthel

2.      Sepeda lipat

3.      Sepeda balap

4.      Sepeda BMX

5.      Sepeda gunung

6.      Sepeda fixie

7.      Sepeda tandem

8.      Sepeda listrik

9.      Dan, sepeda hybrid

 Dari Sembilan jenis sepeda tersebut, yang paling sering digunakan adalah sepeda onthel, sepeda balap atau road bike, sepeda lipat, sepeda BMX, sepeda gunung dan sepeda Fixie.

Setelah mengetahui jenis-jenis sepeda tersebut, ada baiknya Anda mengetahui juga ukuran ban dari sepeda-sepeda tersebut, agar tidak salah pilih sepeda yang nyaman untuk dikendarai.

Ukuran ban sepeda ini bisa dilihat pada ban sepeda berupa angka-angka dan kode-kode. Ada tiga standar internasional yang digunakan sebagai ukuran  yaitu:

·        Inch: ukuran ban berdasarkan inci, dengan standar diameter luar ban x tebal ban x lebar ban.

·        ISO 5775/ETRTO, ini adalah ukuran ban berdasarkan badan standar internasional dengan satu sistem yaitu European Tyre and Rim Technical Organization.

·        Dan, sistem French yang popular digunakan adalah ukuran ban 700 dan 650. Biasanya pada sepeda balap, gravel atau pun city bike.

Ukuran ban sepeda yang biasa digunakan

-        Ukuran ban 26 (dalam inchi). Biasanya digunakan pada sepeda MTB dan sepeda onthel. Ukuran ban ini paling banyak beredar di Indonesia.

-        Ban sepeda 20”. Kedua terbanyak ban yang popular, dan biasa menjadi ukuran ban sepeda lipat, sepeda BMX dan sepeda anak-anak.

-        Ban sepeda ukuran 29”. Ukuran ban yang banyak dipakai untuk sepeda offroad, diameternya besar, yang jika melintasi jalan berbatu atau berlubang, tidak terlalu terasa benturannya.

-        Ukuran ban sepeda 28, ukuran sepeda bukan untuk sepeda sport, lebih diutamakan pada sepeda biasa.

-        Ukuran ban 27,5 inchi, biasa untuk sepeda MTB.

-        Ban sepeda dengan ukuran 700c, biasanya untuk sepeda balap, sepeda fiixi atau fixed gear.

-        Ban sepeda ukuran 650c, untuk sepeda triathlon.

Itulah ukuran ban sepeda yang paling banyak digunakan untuk sepeda-sepeda di pasaran. Fungsi dari ban sepeda adalah meredam benturan roda dengan jalan, sehingga para pegowes nyaman dalam mengendarai sepedanya, dan juga untuk menghindari kecelakaan kecil seperti terjatuh. Pastikan Anda mengetahui ukuran ban sepeda yang dimiliki ya.