Jalanan di kota besar maupun di daerah saat ini sudah didominasi oleh motor matic. Kebanyakan dari produk motor matic yang ada di Indonesia sendiri umumnya adalah matic kelas kecil hingga kelas 150cc. Hapir setiap hari kita melihat motor Honda Beat, Vario hingga Yamaha NMAX mendominasi jalanan. Motor Suzuki Addres, Skywave dan Nex juga kerap terlihat meskipun tidak mendominasi. Dalam tipe ini, kami tidak membahas Kawasaki karena mereka tidak memiliki motor matic.

Bicara soal tipe motor, selain motor matic 125cc dan 150cc, motor sport kelas 150-250cc juga mulai mendominasi. Honda CBR 150, Yamaha R15 dan Kawasaki 250cc juga kerap bermunculan di jalanan kota metropolitan sebagai tanda dari perkembangan zaman: motor adalah gaya hidup, bukan sekedar kendaraan.

Di tengah-tengah banyaknya motor matic dan motor sport, bagaimana nasib dan keberadaan motor bebek? Bagaimana nasib motor bebek sekelas Honda Supra, Blade atau Yamaha Vega R yang dulu jadi primadona? Ya, Kawasaki Athlete juga sempat muncul di tengah-tengah maraknya motor bebek underbone. Namun sayang, Ia tidak bisa menyaingi kharisma Suzuki Satria FU. Oh iya, Kharisma juga adalah tipe motor bebek dari Honda yang eksis di tahun 2000an.

Meski sudah jarang terlihat, namun motor bebek masih tersedia di pasaran. Merek Honda, Yamaha dan Suzuki masih memproduksi motor bebek (tanpa kopling) yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang suka dengan percepatan (persneling) bertahap ketimbang matic. Sekali lagi, kami ingatkan bahwa Kawasaki tidak menyediakan tipe motor bebek tanpa kopling.

Untuk kelas motor bebek tanpa kopling, Yamaha masih memproduksi Vega Force dan Jupiter Z1. Honda juga masih menyediakan New Revo X dan Supra X-125. Suzuki sendiri masih memproduksi New Smash FI sebagai pilihan motor bebek. Meski demikian, Satria R-120 pernah menjadi primadona sebagai motor "racing" pada zamannya.

Kalo sudah tidak laku keras, kenapa motor bebek masih dijual? Ternyata ada alasanya loh!

Baca Juga: Cara Menjaga Ban Motor Tetap Awet

Fungsional

Fungsi daripada motor tentunya adalah alat berkendara untuk penumpang dalam melakukan perjalanan. Dalam hal ini, motor matic dan sport mungkin lebih nyaman digunakan. Namun bagaimana jika yang sering diangkut adalah barang-barang dalam jumlah besar? Motor bebek menjadi pilihan karena lebih nyaman dengan persneling otomatis tanpa kopling. Motor bebek memberi tarikan lebih baik ditanjakan daripada motor matic dan lebih santai saat ditengah kemacetan dibandingkan motor sport dengan kopling.

Penggunaan Rem Lebih Nyaman

Meski terlihat sama saja dengan motor sport atau motor underbone dengan kopling, namun motor bebek memiliki kenyamanan tersendiri saat pengereman. Sistem pengereman motor bebek idealnya tidak terlalu "mengagetkan" meski diinjak dan ditarik secara mendadak. Tidak heran, dalam sesi balap motor di Indonesia, motor bebek masuk ke dalam daftar kelas yang dipertandingkan.

Mudah Dimodifikasi

Meskipun jarang dimiliki oleh masyarakat kota, namun di daerah, motor bebek masih didominasi. Baik untuk berkendara ataupun mengangkut barang, motor bebek masih sangat mempuni. Dengan fungsi yang tinggi, maka motor bebek bisa di "build up" dengan mudah, mulai dari bodi, rangka hingga mesin agar sesuai dengan kebutuhan.

Harga Murah

Motor bebek di berbagai merek memang hanya terbagi dalam jumlah tipe yang terbatas. Pilihannya tidak banyak. Dari tipe mesin dan varian warna, motor bebek cenderung lebih sedikit. Hal inilah yang membuat motor bebek memiliki harga lebih murah. Sebab di beberapa dealer motor, varian warna dapat menjadi indikator harga. Dominasi warna hitam, biasanya lebih mahal.

Hemat Bahan Bakar dan Perawatan

Dibandingkan dengan motor matic dan motor sport, motor bebek memiliki tingkat keiritan yang sangat baik. Penggunaan bahan bakarnya cenderung efisien, meski melakukan perjalanan jauh. Hal ini berlaku hampir untuk sebagian besar motor bebek 125cc. Selain itu, untuk beberapa merek tertentu, biaya servis motor bebek cenderung lebih murah dibandingkan motor sport yang gaya.

Cek: Harga Oli Motor Bebek Di Planet Ban

Nah, gak heran kan kenapa motor bebek tetap diproduksi ditengah banyaknya pengguna motor matic dan motor sport? Silakan cek dengan teliti, setidaknya ada 1:20 motor bebek di jalan raya yang Anda lalui.

Untuk kebuhan motor bebek yang sangat hemat, Planet Ban juga menghadirkan produk ban yang ekonomis untuk pengguna motor bebek. Ecomax hadir untuk memenuhi kebutuhan ban motor yang murah dan berkualitas. Ecomax memiliki ketebalan ban yang baik dengan alur yang nyaman digunakan di jalanan tanpa khawatir licin atau slip.

Dapatkan ban motor Ecomax untuk motor bebek mulai dari Rp 113.000 di toko Planet Ban terdekat atau pesan via aplikasi. Gratis biaya pasang di seluruh toko Planet Ban manapun.