Sebagai pengguna sepeda motor, Anda perlu mengetahui bagian-bagian yang penting pada sepeda motor Anda. Ada 5 hal paling utama yang perlu Anda ketahui adalah bahan bakar, kelistrikan, mesin, rem dan ban. Khusus untuk ban motor, taukah Anda, sepeda motor tidak bisa menggunakan ban motor sembarangan. Apa saja yang harus diketahui.

Ukuran Velg Motor

Roda ban motor terdiri dari velg dan ban motor. Meski terlihat sepele, namun Anda perlu mengetahui ukuran velg motor Anda agar tidak salah menggunakan ban motor. Pada beberapa kasus, perbedaan ukuran ban dengan ukuran velg membuat komposisinya menjadi tidak pas. Ban motor yang terlalu kecil dari velg membuat jarak velg dengan ban terlalu dekat sehingga dapat terbentur dengan permukaan tanah yang tidak merata. Pilihlah merek ban motor terbaik dan pastikan ukuran ban telah sesuai dengan velg motor Anda.

Kompon Ban

Saat membelin ban motor, Anda juga harus mengetahui jenis kompon ban motor yang akan digunakan. Ada 3 jenis kompon ban: kompon keras, kompon lunak dan kompon sedang yang tidak lunak maupun tidak keras. Ketiga jenis kompon ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Setiap merek ban motor memiliki kualitas kompon yang sesuai standar keamanan berkendara yang sama.

Kompon lunak umumnya digunakan untuk aktifitas balap karena lebih mencengkram permukaan aspal. Sayangnya, kompon lunak bisa cepat menipis jika berjalan di jalanan panas dan kasar sehingga tidak bisa digunakan dalam berkendara sehari-hari. Kompon keras akan lebih baik digunakan di jalanan yang kering dengan kecepatan standar antara 40-60 km/jam. Meski lebih awet, namun ban dengan kompon keras tidak nyaman untuk tikungan tajam karena berpotensi slip.

Kompon sedang adalah kompon ban yang banyak ditemukan di ban motor yang dijual di pasaran. Kompon ini merupakan gabungan 2 jenis kompon sebelumnya. Ban motor dengan kompon sedang bisa digunakan di jalanan dengan kecepatan hingga 80 km/jam dengan cukup aman dan nyaman. Selain itu, ban motor dengan kompon sedang cukup awet untuk digunakan.

Alur Ban

Seperti yang Anda ketahui, ban motor memiliki alur pada permukaan ban. Setiap tipe dari setiap merek ban motor memiliki alur yang berbeda-beda. Fungsi alur ban adalah untuk memecah genagan air saat ban motor melintas di jalanan yang basah. Ban motor dengan alur berupa garis tengah yang membujur biasanya lebih umum digunakan untuk ban depan, sementara alur ban belakang biasanya lebih menyamping. Fungsi tersebut terbilang optimal untuk memecah air agar ban motor tidak slip saat di jalanan basah.

Di Planet Ban terdekat, Anda bisa mendapat beragam pilihan merek ban motor terbaik. Pastikan Anda memilih ban motor dengan alur yang tepat. Tidak hanya sesuai dengan gaya sepeda motor Anda, namun juga dengan fungsi yang optimal sesuai jalur berkendara Anda dalam berektifitas sehari-hari.

Jenis Ban

Ban motor terdiri dari 2 janis ban yaitu ban motor tubetype dan ban motor tubeless. Ban motor tubetype adalah ban motor yang terdiri atas ban luar dan ban dalam. Umumnya ban motor tubetype digunakan pada motor bebek dengan velg jari-jari. Sementara ban tubeless adalah ban luar yang bisa langsung dipasang di velg roda motor tanpa ban dalam. Biasanya ban tubeless digunakan pada motor dengan velg racing. 

Dari segi kenyamanan, ban motor tubetype lebih nyaman untuk digunakan berkendara karena lebih empuk. Namun, ban tubetype akan lebih cepat kempes jika tertusuk paku. Permukaan ban dalam yang tipis lebih cepat sobek sehingga udara dalam ban bisa keluar lebih cepat. Ban tubeless juga cukup nyaman digunakan, terutama untuk track lurus. Selain itu, ban tubeless tidak langsung kempes meskipun tertusuk benda tajam. Ada beragam merek ban motor terbaik utntuk tipe ban motor tubetype dan ban motor tubeless. Anda bisa mendapatkan beragam merek ban motor terbaik di toko Planet Ban terdekat.

Perlu Diingat!

Salah satu cara menjaga kualitas ban motor adalah dengan menjaga kadar angin dalam ban tetap konsisten; tidak terlalu kurang, maupun tidak terlalu keras. Naik turunnya kadar angin dalam ban dapat mengakibatkan ban cepat botak jika digunakan dalam waktu lama. Pastikan Anda selalu mengecek tekanan angin pada ban setidaknya 1 kali dalam seminggu. Jangan sampai ban kurang angin karena dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Selain itu, hindari juga ban motor Anda dari berbagai cairan selain air. Campuran sabun saat mencuci motor maupun oli mesin yang merembes dapat merusak kualitas ban. Umumnya, ban motor akan mengalami retak sehingga mudah sobek dan dapat membahayakan Anda jika digunakan berkendara. Pastikan ban motor terhindar dari air sabun dan oli mesin, minyak rem ataupun pelumas shockbraker.

Planet Ban menyediakan beragam ban motor dari berbagai tipe merek ban motor terbaik.. Anda bisa membeli beragam tipe ban motor Michelin, ban motor Pirelli, ban motor Aspira Premio, ban motor Battlax, ban motor Corsa, ban motor Maxxis, ban motor Swallow, ban motor Zeneos, ban motor FDR dan ban motor IRC serta produk ban motor esklusif Planeto, ban motor Freak, ban motor Ecomax dan ban motor B-Track di Planet Ban terdekat.

Jangan lupa untuk gunakan ban dari merek ban motor terbaik! Segera ganti ban motor Anda jika sudah tidak nyaman atau telah melalui penggunaan lebih dari 1 tahun. Kunjungi toko Planet Ban terdekat untuk beli dan ganti ban motor, oli motor, aki dan kampas rem. Gratis biaya pasang dan dapatkan kartu member Planet Ban untuk isi ulang nitrogen ban selama masa pemakaian ban.

Dengan kartu member Planet ban, Anda juga bisa melakukan pengecekan kualitas aki dan oli mesin di seluruh Planet Ban terdekat di kota Anda.