Busi pada sepeda motor menjadi pemicu proses pembakaran untuk kinerja mesin. Tanpa busi, meskipun motor sudah di servis dan diisi bahan bakar hingga penuh, tentu tidak bisa menyala. Kinerja busi pada motor biasanya sangat terasa jika dilakukan kick starter.

Meskipun saat ini kebanyakan motor sudah dan hanya menggunakan elektrik starter, bukan berarti motor tersebut tidak menggunakan busi. Oleh sebab itu, busi terbilang sangat penting untuk sepeda motor dan penggunaannya perlu diperhatikan.

Ada beberapa penyebab busi menjadi sulit berfungsi untuk menyalakan mesin. Sebagai komponen yang mudah dibongkar pasang, pemasangan yang kurang pas menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi. Selain pemasangan yang kurang pas, kebocoran kompresi juga menjadi penyebabnya. Tenaga mesin yang tidak stabil dan pembakaran yang tidak maksimal juga dapat mempengaruhi kinerja mesin.

Faktor kelistrikan motor juga mempengaruhi kinerja mesin. Pasalnya, busi ikut bekerja ekstra menyalakan mesin motor akibat kelistrikan yang kurang stabil. Namun, setelan bahan bakar adalah faktor yang paling sering mengakibatkan busi sulit berfungsi dengan baik. Hisapan bensin yang terlalu banyak justru membanjiri busi sehingga sulit menyala. Hal ini umumnya terjadi pada motor dengan sistem karborator.

Lalu, kapan sebaiknya busi motor diganti?

Secara ideal, penggantian busi baru sebaiknya dilakukan setiap 10.000km sekali. Selain karena komponen mesin sudah aus, perubahan tegangan listrik yang pastinya berbeda-beda di setiap penggunaan motor dapat mengakibatkan kinerha busi tidak stabil.

Selain itu, kompresi bahan bakar yang tidak seimbang membuat ujung busi menghitam. Jika sering terjadi, busi akan aus dan semakin sulit memercikan api. Membersihkan dengan sikat dan bensin juga tidak disarankan karena selain sia-sia juga dapat merusak komponen busi itu sendiri.

Untuk penggantian busi motor, kini tersedia di Planet Ban. Lakukan penggantian busi setidaknya 10.000km atau sesuai kebutuhan dengan melakukan pengecekan busi secara rutin saat servis motor.

 

(RN)