Cara Ganti Oli Motor secara Mandiri dan Tepat

Oli atau pelumas (lubricant atau sering disebut lube) adalah suatu bahan berbentuk cairan yang berfungsi untuk mereduksi keausan antara dua permukaan benda bergerak yang saling bergesekan, sebagaimana dikutip dari eprints.polsri.ac.id. Karena memegang peranan penting, maka ganti oli motor harus dilakukan secara rutin untuk menjaga performa kinerja mesin.  

 

Penggantian oli motor dapat dilakukan secara manual maupun tenaga ahli dengan membawanya ke bengkel. Hal yang perlu diperhatikan ialah melakukannya tepat waktu saat mesin benar-benar membutuhkannya. Jika terlambat, maka tentu akan berdampak buruk pada menurunnya kinerja mesin dan berujung pada keausan.   

Cara Ganti Oli Motor

Berikut adalah cara ganti oli motor yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa perlu membawa motor kesayangan Anda ke bengkel. 

1. Siapkan Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai mengganti, tentu alat dan bahan harus dipersiapkan terlebih dahulu. Alat dan bahan tersebut meliputi:

A. Oli 

Pastikan membeli oli yang sesuai dengan kapasitas mesin motor. Sebelum membeli, Anda bisa menanyakan spesifikasi oli yang sesuai untuk motor yang dimiliki.

B. Filter Oli

Filter oli sebaiknya diganti untuk menjaga kebersihan sistem pelumas. Hal ini tentu akan membuat mesin menjadi lebih awet.

C. Kunci Pas 

Kunci pas digunakan saat proses pembukaan baut yang mengunci lubang pembuangan oli. Gunakan kunci pas yang sesuai dengan spesifikasi motor.

D. Wheel Chock

Wheel chock atau disebut juga penyekat roda bisa membantu menjaga stabilitas motor saat proses penggantian, terutama bagi para pemula. 

E. Penyedot Oli 

Alat ini akan membantu pemula untuk mengeluarkan oli lama pada mesin kendaraan dengan bersih. Adanya alat penyedot oli tentu memudahkan proses ganti oli motor. 

F. Wadah Penampung, Lap, dan Air

Siapkan air bersih yang cukup banyak dan wadah penampung yang cukup luas untuk digunakan sebagai tempat oli bekas. Ingatlah untuk menyiapkan lap bila ada oli tercecer pada tangan maupun bodi motor. Lalu bilas menggunakan air bersih.   

2. Parkir Kendaraan dengan Nyaman

Pastikan lokasi parkir cukup nyaman untuk mengganti oli dalam waktu yang cukup lama. Posisikan kendaraan secara tepat dan stabil agar terhindar dari goncangan dan tidak jatuh.   

3. Pastikan Mesin dalam Keadaan Dingin 

Saat motor berada dalam keadaan panas, maka itu akan berdampak pada posisi baut yang memuai dan susah untuk dilepas. Dengan begitu, risiko tangan terbakar juga bisa dihindari saat pelepasan baut.  

3. Lepaskan Baut dan Pasang Filter

Setelah itu, lepaskan filter lama. Lalu oleskan seal filter baru dengan sedikit oli, kemudian pasang dengan benar.  

4. Kuras Oli Lama

Siapkan wadah penampung pada saluran pembuangan oli. Lalu lepaskan baut dengan kunci pas dan kuras oli menggunakan alat penyedot.  

5. Tuangkan Oli Baru

Tuangkan oli baru menggunakan corong, sehingga mencegah oli tumpah maupun berceceran. Kemudian, bersihkan dengan lap dan air.  

 

Itulah tadi cara ganti oli motor kesayangan Anda secara mandiri di rumah. Pastikan untuk mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan dan ikuti langkahnya dengan benar.