Cara Mencuci Jaket Motor dengan Benar agar Tidak Rusak

Jaket motor merupakan salah satu perlengkapan penting bagi pengendara motor. Benda ini menjadi perlengkapan yang menunjang keamanan dalam berkendara. Hal tersebut karena jaket dapat mengurangi gesekan atau benturan apabila mengalami kecelakaan. 

 

Selain itu, jaket juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari angin, debu, dan cuaca. Bahkan, saat ini jaket telah menjadi tren fashion tersendiri. Para pengendara motor dapat memilih berbagai ragam jenis jaket sesuai kebutuhan dan preferensi masing-masing. 

Cara Mencuci Jaket Motor 

Mencuci jaket motor tentu menjadi hal yang tidak boleh diabaikan dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Bahan jaket ini berbeda dengan jaket pada umumnya, sehingga memerlukan cara mencuci yang berbeda pula. 

 

Hal tersebut dilakukan supaya bahan jaket tidak mudah rusak dan mampu bertahan lama. Simak panduannya berikut ini. 

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan peralatan untuk melakukan pencucian. 

 

Pastikan Anda memiliki ember atau bak cuci, air bersih, detergen khusus, sikat, spons, dan handuk. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan peralatan lain yang menurut Anda diperlukan.

2. Periksa Label Jaket

Sebelum mencuci, periksa label pada jaket Anda. Label tersebut biasanya berisi informasi tentang cara mencuci dan suhu air yang aman.

 

Informasi ini penting untuk Anda ketahui supaya dapat mengikuti panduan mencuci yang disarankan. Hal itu karena tidak semua bahan jaket dapat dicuci dengan cara yang sama guna menghindari kerusakan pada bahannya.  

3. Lepaskan Pelindung  

Jika jaket memiliki lapisan pelindung yang dapat dilepas, sebaiknya Anda memisahkannya. Pelindung pada jaket, seperti: protektor siku, bahu, dan punggung harus Anda cuci sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Bersihkan Noda

Jika ada noda pada jaket, bersihkan terlebih dahulu dengan detergen khusus menggunakan sikat lembut. Anda juga dapat menguceknya menggunakan tangan jika khawatir bahan jaket akan berbulu setelah disikat.   

5. Cuci Jaket 

Setelah noda pada jaket hilang, Anda dapat menuju ke proses pencucian. Pertama, larutkan detergen di dalam air. Selanjutnya, celupkan jaket ke dalam air tersebut.   

 

Lalu kucek jaket dengan lembut menggunakan spons. Setelah terlihat bersih, bilas jaket tersebut dengan air secukupnya. 

 

Namun, beberapa bahan jaket memerlukan cara pencucian khusus. Misalnya, jaket berbahan kulit yang cukup dilap saja untuk membersihkan kotoran yang menempel di sana. 

6. Keringkan Jaket

Jangan peras jaket untuk melakukan proses pengeringan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerusakan pada bahan jaket. 

 

Cukup gantung jaket di tempat yang teduh dan berangin. Jika tidak segera digunakan, maka sebaiknya hindari menjemur jaket di bawah sinar matahari langsung.

7. Setrika Jaket 

Bagi sebagian orang, menyetrika pakaian setelah selesai dicuci dan dikeringkan menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan.

 

Jika Anda ingin menyetrika jaket motor, maka Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Beberapa bahan jaket tidak tahan dengan suhu panas. Misalnya, bahan parasut dan polyester. Oleh karena itu, untuk bahan ini, suhu maksimal yang disarankan adalah 20 derajat dan jangan terlalu ditekan.  

 

Sementara untuk jaket berbahan kulit, jangan Anda setrika bagian luarnya. Untuk jaket jenis ini, hanya disarankan untuk menyetrika bagian dalamnya guna menjaga kualitas bahannya tetap awet.  

 

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan untuk mencuci jaket motor supaya lebih tahan lama. Perhatikan bahan dan label jaket yang Anda gunakan ketika akan mencucinya.