Cara Mengatasi Ban Motor Sobek yang Efektif

Ban motor sobek sangat berbahaya dan harus segera diperbaiki karena dapat membahayakan keselamatan pengendara.  Pasalnya, ban merupakan komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan secara langsung. 

Ban yang sobek bisa disebabkan oleh jalanan yang rusak maupun hantaman benda keras. Pemilik kendaraan bermotor harus mengetahui cara mengatasi, bahkan cara mencegah terjadinya kerusakan pada ban. Ban motor yang sobek dapat diperbaiki sendiri di rumah. Namun, jika ragu, maka dapat langsung membawanya ke bengkel.

Cara Mengatasi Ban Motor Sobek

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ban motor sobek.

  1. Buat Tanda di Ban yang Rusak

Jika kerusakan yang terjadi hanya ada di satu sisi ban saja, maka berikanlah tanda di sisi ban tersebut. Perhatikan dengan teliti bagian mana yang mengalami kerusakan.    

  1. Melepas Roda

Setelah kerusakan ban ditandai, lepaskanlah roda di ban. Tidak diperkenankan untuk memperbaiki ban tanpa dilepas terlebih dahulu. Ban yang diperbaiki tanpa dilepas dari motor tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Pastikan saat melepas roda, penyangga motor sudah terpasang.

  1. Melepas Ban dari Velg

Setelah roda terlepas dari motor, selanjutnya lepaskan ban dari velg. Perhatikan terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada ban. Jika kerusakan mengakibatkan benang yang tertanam pada ban putus, maka ban sudah tidak dapat diperbaiki. Carilah benda asing di dalam ban yang mungkin masuk ke dalamnya. 

  1. Membersihkan Sobekan di Ban

Cara mengatasi ban motor sobek yang selanjutnya adalah dengan membersihkan sobekan di ban. Pembersihan dapat dilakukan menggunakan amplas halus maupun alat kikir. Kemudian, pastikan alat tambal menempel dengan benar. 

  1. Menambal Ban

Perhatikan kembali apakah sobekannya kecil atau besar. Jika sobekannya kecil, maka gunakanlah patch yang berbentuk seperti karet. Lumuri terlebih dahulu patch tersebut dengan lem agar menempel dengan sempurna.

Namun, jika sobekannya besar, maka gunakan lem khusus untuk menambal ban luar. Lakukanlah penekanan di bagian yang ditambal agar bisa menempel dengan maksimal. 

  1. Mengecek Tambalan di Ban

Langkah terakhir yang dapat dilakukan, yaitu mengecek tambalan di ban. Pasanglah kembali ban di velg dan isi dengan tekanan angin. Kemudian, cek ban yang rusak dengan memasukkannya ke dalam air.

Perhatikanlah, jika tak ada gelembung yang keluar, maka ban sudah aman untuk digunakan kembali dan dipasang pada motor. Namun, jika terdapat gelembung, maka itu menandakan bahwa masih terdapat lubang atau sobekan yang harus diperbaiki di ban. 

Untuk menghindari ban motor sobek, gunakanlah ban dengan kualitas yang terjamin dan berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia). Hal ini dapat mencegah kecelakaan yang mungkin akan terjadi. Pengguna kendaraan bermotor juga perlu memperhatikan jalan yang dilewati, jangan seenaknya melewati jalanan rusak dan berlubang.