Menjaga ban motor agar tetap awet dengan mobilitas yang tinggi, tentu bukan hal yang mudah. Idelanya, kita akan berpikir, “bagaimana caranya ban motor tetap awet sementara bannya dipake terus, bahkan hampir tiap hari?”. Ban motor bisa aus dan botak kerena permukaannya bergesekan dengan permukaan jalan.

Membeli ban motor untuk penggunaan sepeda motor, idealnya 12 bulan sekali. Ban motor memiliki masa penggantian berkala yang lebih lama dibanding penggantian oli mesin atau servis motor. Selain karena memang ban motor awet dalam waktu lama, harga ban motor juga terbilang tidak murah.

Maka dari itu, menjaga ban motor tetap awet adalah solusi agar dapat meminimalisir kebutuhan sepeda motor. Sudah tau cara mudah menjaga ban motor tetap awet? Ini dia tipsnya:

1. Menjaga Tekanan Angin

Ban motor memiliki standar kapasitas angin di dalamnya. Jika ban kekurangan tekanan udara, maka ban akan menekan lebih berat . Tekanan yang berat tersebut dapat membuat ban cepat botak. Sebaiknya lakukan pengecekan dan isi ulang nitrogen sekurang-kurangnya 1 minggu sekali.

2. Lubang Angin Dan Kerapatan Ban

Masih berlanjut dengan poin sebelumnya, kondisi lubang angin atau pentil ban dan kerapatan ban dengan velg juga perlu dicek. Ban yang menghantam lubang atau pemukaan jalan yang tidak merata, dapat menyebabkan perubahan bentuk pada ban dan velg. Kerapatan sisi ban dan velg bisa kendur sehingga angin dari dalam ban keluar. Bisa juga karena lubeng angin pada velg ban terbuka atau sudah tidak stabil untuk menahan angin dari dalam.

3. Penggunaan Motor

Cara mengendarai dan mengendalikan sepeda motor juga bisa menjadi penyebab ban motor menjadi cepat botak. Cara berkendara stop and go alias sering melakukan gas dan rem secara mendadak membuat gesekan ban dengan permukaan jalan menjadi tidak stabil. Hal ini bisa membuat kebotakan permukaan ban menjadi tidak merata.

4. Terkena Oli Atau Sabun

Ban motor yang sudah lama digunakan memiliki tekstur yang mulai mengeras. Idealnya, ban motor hanya dapat terkena air seperti saat hujan atau melewati genangan air. Jika ban motor terkena cairan dangan campuran kimia seperti oli dan air sabun, maka sebaiknya segera dibersihkan agar permukaannya tidak menjadi licin dan getas.

Demikian tips menjaga ban motor tetap awet agar dapat digunakan lebih lama dan lebih hemat.

Selain tips di atas, Anda bisa juga langsung menggunakan ban motor yang awet dan nyaman digunakan baik di jalanan kering atau pun basah saat hujan. Ban Planeto dari Planet Ban merupakan ban dengan teknologi Silica yang lebih tebal sehingga 50% lebih awet dari ban lainnya. Lebih nyaman digunakan, lebih lama masa pemakaiannya!

Ban Planeto dapat dibeli secara esklusif di seluruh toko Planet Ban terdekat atau bisa juga pesan langsung di www.planetban.com atau via aplikasi Planet Ban. Gratis pasang, gratis isi ulang nitrogen dan 100% produk asli.