Biar Oli Mesin Motor Matic Tetap Awet, Begini Cara Pilih yang Tepat

Ingin motor maticmu selalu prima? Memilih oli yang tepat adalah kuncinya! Temukan tips memilih oli mesin motor matic berikut ini.

Kalau kamu termasuk pengguna motor matic, pastikan rajin melakukan perawatan agar performa motor kesayangan tetap bertenaga, ya. Nah, salah satu perawatan yang mesti dilakukan secara rutin adalah mengganti oli mesin motor matic.

Sampai saat ini, motor matic masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Selain mudah dioperasikan, motor matic terkenal irit bensin. Pilihan model motor matic di pasaran pun sangat bervariasi dan selalu up-to-date dari tahun ke tahun.

Semakin hari pilihan oli mesin motor matic semakin bervariasi. Untuk menemukan oli yang tepat, yuk cari tahu tips memilih oli motor matic yang bagus berikut ini!

Fungsi Oli Pada Mesin Motor Matic

Tahukah kamu jika pada motor matic memiliki 2 jenis oli? Ya, motor matic memang dilengkapi dengan 2 jenis oli, yaitu oli mesin dan oli gardan. Meski bekerja di area yang berbeda, keduanya memiliki fungsi yang sama, antara lain:

  • Sebagai pelumas: oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin yang bergerak. Dengan begitu komponen mesin tidak akan cepat aus maupun rusak.
  • Sebagai pendingin: Oli juga berfungsi sebagai pendingin. Ketika mesin bekerja, komponen-komponen di dalamnya akan menghasilkan panas. Pada saat itu oli akan menyerap panas dan membawanya ke tempat yang lebih dingin untuk mencegah mesin mengalami overheat.
  • Menjaga kebersihan: oli dapat membantu membersihkan kotoran dan partikel-partikel kecil yang terbentuk akibat gesekan antar komponen mesin. Dengan begitu mesin akan tetap bersih dan berfungsi dengan optimal.
  • Memberikan perlindungan terhadap korosi: oli mampu membentuk lapisan pelindung pada permukaan logam komponen mesin agar tidak cepat mengalami korosi.
  • Mereduksi suara: keberadaan oli membantu mereduksi suara mesin sehingga mesin menjadi lebih halus dan tidak berisik.

Melihat fungsi oli yang krusial, artinya sangat penting untuk mengganti oli mesin motor matic secara rutin agar kinerja mesin tetap optimal dan memperpanjang umur pemakaian motor.

Servis Motor Rasa Mesin Baru - Planet Ban

 

Cara Memilih Oli Motor Matic yang Bagus

Supaya mesin tetap awet dan tarikannya tetap terjaga, begini tips memilih oli mesin yang tepat.

1. Perhatikan Harga

Mendapatkan harga oli yang terlalu murah tidak selamanya menguntungkan. Pasalnya, ada beberapa oli palsu yang dijual di pasaran. Selain murah, ciri lain dari oli palsu adalah warna terlalu pekat, mengeluarkan aroma tengik, dan cairannya terasa kasar seperti terdapat kandungan logam.

2. Cek Kapasitas Mesin Motor

Jika kapasitas mesin berkisar 150 cc, kamu bisa memilih oli mesin dengan volume 800 ml. Sementara itu, untuk kapasitas mesin di atas 150 cc dilanjutkan untuk menggunakan oli mesin yang memiliki volume 1000 ml.

3. Perhatikan Viskositas Oli

Viskositas artinya tingkat kekentalan oli di suhu tertentu. Untuk mendapatkan oli dengan viskositas yang tepat, sesuaikan dengan jenis kendaraan dan spesifikasi mesin. Pada motor matic, oli yang sering digunakan adalah oli dengan kode SAE 10W-40 atau SAE 15W-40.

 

Pilihan Merk Oli dan Harganya

Inilah deretan merk oli motor matic yang beredar di pasaran. Cek spesifikasi dan harganya di bawah, ya!

  • Federal Matic 30 Ecomaxx: cocok untuk motor matic Honda 125-150 cc dengan pemakaian kurang dari 5 tahun. Harga mulai Rp28.000.
  • X-Ten PlanetBan: cocok untuk oli motor matic 125 cc. Dijual seharga Rp49.500 untuk 800 ml.
  • Oli Repsol Moto 4T 10W30 Matic: untuk motor matic 4 tak atau scooter. Harga oli motor matic ini mulai Rp39.000.
  • AHM Oil MPX 2: cocok untuk semua motor Honda tipe matic. Oli dengan SAE 10W-30 ini dijual mulai Rp27.700.
  • Shell Advance 4T AX7 Scooter: baik untuk motor scooter 150 cc. Harga dibanderol mulai Rp39.999.
  • Yamalube Super Matic Oil: diformulasikan untuk motor matic 4 tak premium. Dijual mulai harga Rp34.000.
  • Castrol Activ Matic: untuk motor 4 tak dan dilengkapi dengan Molekul Actibond. Harga oli mesin motor matic ini dibanderol mulai Rp40.000.

Dengan memilih oli  yang tepat, mesin motor matic kesayanganmu akan tetap prima dan awet. Ingat, oli mesin motor matic bukan sekadar pelumas, tapi juga pelindung vital bagi kesehatan mesin. Jadi, jangan sembarangan dalam memilihnya ya!

Servis Motor Rasa Mesin Baru - Planet Ban

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Planet Ban | Official (@planetban)