Cara Servis Shockbreaker Motor yang Rusak dan Tips Merawatnya

Shockbreaker merupakan salah satu komponen penting pada motor yang berfungsi untuk menjaga motor agar tetap stabil selama berkendara. Shockbreaker juga dapat menjadi penentu kenyaman karena fungsinya dalam menahan guncangan dan getaran di berbagai kondisi jalan. Untuk itu, servis shockbreaker motor penting dilakukan secara berkala untuk mencegah motor dari kerusakan. 

 

Kerusakan pada shockbreaker biasanya terjadi karena beberapa sebab. Di antaranya kebocoran karena seal yang robek, usia shockbreaker, benturan atau hantaman pada kecepatan tinggi di jalanan yang tidak stabil, dan lain sebagainya.    

Cara Servis Shockbreaker Motor yang Rusak

Servis shockbreaker motor, khususnya pada motor yang rusak penting dilakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih serius dan meminimalkan biaya reparasi yang lebih besar. Berikut adalah cara servis shockbreaker motor yang perlu dilakukan. 

1. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum melakukan servis shockbreaker, ada beberapa alat dan bahan yang diperlukan, seperti: tang, oli shockbreaker, kunci pas, dan wadah untuk menampung oli. Persiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan sebelum melakukan pembongkaran.  

2. Pembongkaran Shockbreaker

Tahap selanjutnya adalah pembongkaran. Di dalam tahap ini, motor diangkat dengan standar, sehingga roda akan terangkat. Kemudian, lepas baut pengikat pada shockbreaker dari atas hingga bawah.  

3. Periksa Kerusakan

Cek semua kerusakan yang ada. Ketika motor dibawa ke bengkel, maka teknisi akan memeriksa kerusakan atau keretakan yang mungkin ada di permukaan shockbreaker hingga seal apabila ada kebocoran oli. Lalu pastikan mekanik membersihkan seluruh komponen shockbreaker dan karet seal

4. Ganti Oli 

Buka bagian tutup atas shockbreaker dengan kunci pas yang sudah disiapkan dan ganti oli lama dengan oli yang baru. Kemudian, isi oli sesuai dengan takaran atau spesifikasi yang tepat.  

5. Rakit Shockbreaker Kembali

Setelah melakukan pengisian, seluruh komponen harus dirakit kembali. Pasang kembali shockbreaker dengan meletakkan bagian atas terlebih dahulu, kemudian kencangkan baut pengikat.  

Tips Merawat Shockbreaker Motor 

Untuk menjaga performa motor agar tetap optimal, setelah melakukan servis secara berkala penting juga untuk melakukan perawatan yang tepat. Berikut adalah tips merawat shockbreaker agar berumur panjang dan motor jadi lebih nyaman untuk dikendarai.  

1. Bersihkan secara Berkala 

Tips pertama adalah selalu jaga kebersihan motor dengan rajin mencuci, khususnya untuk area sekitar shockbreaker. Pastikan tidak ada kotoran menempel yang dapat membuat bagian seal lecet dan kualitas pegas menurun. 

2. Hindari Jalanan yang Buruk  

Kondisi jalan yang tidak rata, seperti adanya lubang dan batu-batuan akan memengaruhi kualitas shockbreaker dan membuatnya mudah rusak. Selain itu, kecepatan juga harus diperhatikan. Kendarai motor secara bijaksana (tidak terlalu cepat) apabila melewati jalanan yang tidak rata.  

3. Jangan Membawa Beban yang Terlalu Berat

Bobot beban yang dibawa juga penting untuk diperhatikan. Beban yang beratnya melebihi kapasitas motor akan menyebabkan penurunan fungsi suspensi shockbreaker.  

4. Ganti Oli Shockbreaker

Mengganti oli shockbreaker tentu sangat penting untuk dilakukan secara berkala demi menjaga kondisi kendaraan tetap prima. Penggantian oli harus dilakukan paling tidak 2 sampai 3 tahun sekali atau ketika kendaraan sudah mulai terasa tidak nyaman.  


Itu dia cara servis shockbreaker motor dan tips merawatnya guna menjaga motor agar tetap awet dan nyaman untuk dikendarai.