Mudik lebaran menjadi aktifitas rutin tahunan yang hampir tidak bisa terlewat. Berkumpul bersama sanak saudara dapat mempererat tali silaturahmi. Ada banyak alternatif transportasi mudik, salah satunya adalah sepeda motor.

Mempersiapkan perjalanan mudik lebaran naik sepeda motor harus dilakukan setidaknya seminggu sebelum hari keberangkatan. Tujuannya adalah menjaga mesin agar siap digeber dalam jarak jauh, terutama jika perjalanan mudik naik sepeda motor kamu melintasi kota bahkan provinsi.

Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran naik sepeda motor, ada beberapa komponen mesin yang harus diperhatikan kondisinya. Bila perlu, lakukan pengecekan dan penggantian dengan yang baru agar aman selama perjalanan mudik, hingga kembali ke rumah.

Nah, apa saja komponen sepeda motor yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan mudik? Ini dia listnya:

Ban Motor

Sebagai komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan, ban menjadi komponen sepeda motor paling vital yang harus dicek sebelum perjalanan mudik. Ban yang botak atau bocor halus dapat membahayakan penumpang saat berkendara.

Ganti Oli

Perjalanan mudik lebaran yang jauh tentunya membuat mesin bekerja ekstra dan lebih lama. Dengan mengganti oli mesin baru, dapat menjaga mesin motor tetap terjaga karena kinerjanya terlindungi oli mesin yang masih bersih.

CVT / Rantai

Tarikan rantai atau CVT pada motor bergigi dan matic juga perlu dicek atau diganti yang baru. Perjalanan mudik lebaran dengan jarak jauh membuat rantai atau CVT bekerja dalam waktu yang lama. Jika kondisinya telah lama digunakan, bisa putus saat diperjalanan.

Rem

Untuk mengatur kecepatan saat melakukan perjalan mudik lebaran, rem motor sangat berperan penting. Cek ketebalan kampas rem sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran atau ganti dengan yang baru. Perhatikan juga kondisi cakram rem motor. Jika sudah terkikis kampas rem, sebaiknya diganti yang baru.

Lampu-lampu

Menggunakan sepeda motor untuk perjalanan malam sangat tidak dianjurkan. Cuaca yang dingin dan terbatasnya jarak pandang bisa membahayakan pengendara. Namun, jika terpaksa melakukan perjalanan malam, pastikan lampu-lampu pada sepeda motor bisa menyala dengan baik.

Aki

Sebagai penyuplai tenaga listrik untuk sepeda motor, aki memiliki peran penting, terutama untuk motor full injeksi. Cek kualitas tegangan aki sebelum mudik. Jika perlu, ganti dengan aki yang baru agar kebutuhan starter, lampu dan klakson bisa berfungsi maksimal.

Busi

Busi memiliki masa pakai yang cukup lama, namun Anda tetap perlu menggunakan busi yang sanggup memberi pengapian yang cukup untuk menyalakan mesin motor.

Lakukan pengecekan komponen sepeda motor tersebut sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran dengan sepeda motor. Anda bisa mampir ke Planet Ban terdekat untuk mengganti ban, oli, dan aki di seluruh toko Planet Ban. Anda juga bisa melakukan servis motor di Planet Ban untuk menjaga mesin tetap prima selama berkendara.

(RN)