Pada kendaraan roda dua, ban adalah salah satu komponen yang sangat penting karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Ban motor juga menjadi penentu keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman dan berapa luas area tapak ban yang menempel pada jalan akan memberikan keamanan pada pengendara.

Selain pola alurPada kendaraan roda dua, ban adalah salah satu komponen yang sangat penting karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Ban motor juga menjadi penentu keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman serta luas area tapak ban yang menempel pada jalan akan memberikan keamanan pada pengendara. Ada juga ketentuan lainnya yang harus dimiliki ban motor sebelum dipasang. Hal ini perlu  diketahui jika ingin mengganti ban motor untuk kebutuhan modifikasi atau karena ban aus.

Misalnya, pada saat akan mengganti ban motor, biasanya pengguna motor tidak terlalu paham terkait ukuran dan ketebalan kompon ban. Jika pun tahu, pastilah hanya “Ukuran standard” agar sesuai stelan pabrik. Sementara, pada ban motor terdapat sejumlah kode angka seperti 2.75-17 atau 100/90-14 dan simbol lainnya. Tidak semua pengguna sepeda motor mengetahui arti angka tersebut. Begitupun kaitannya dengan sepeda motor

Sejumlah kode-kode pada ban sepeda motor memiliki artinya masing-masing. Berikut penjelasannya:

Metrix

Pernah melihat angka seperti 80/90-14 atau 110/90-17? Hal ini memiliki arti ukuran ban. Angka pertama adalah ukuran bagian terlebar dari ban sementara angka kedua adalah adalah persentase dari lebar ban. Angka belasan selanjutnya adalah ukuran diameter velg yang harus digunakan.

Jadi jika ada kode 80/90-14 berarti ban motor tersebut memiliki lebar 80mm dengan tinggi dinding ban 72mm dan untuk velg ukuran 14 inchi.

Inchi

Jika pada sisi ban terdapat kode angka seperti 2.75-17 maka, berikut penjelasannya:

Angka 2.75 memiliki arti lebar ban dalam satuan inchi. Maka ukuran bagian terlebar dari penampang ban kurang lebih selebar 2.75 inchi dan tinggi 2.75 inchi. Sementara angka 17 merupakan diameter dari ban terhadap velg.

Jadi, pada angka 2.75-17 memiliki arti: Ban tersebut memiliki lebar 2,75 inchi dengan tinggi dinding 2.75 inchi dan bisa digunakan pada velg ukuran 17 inchi.

Tread Wear Indicator (TWI)

Tread Wear Indicator atau TWI adalah simbol untuk menunjukan batas ideal penggunaan ban motor. Tandanya berupa tonjolan pada sela-sela patern ban atau tanda segitiga yang tertera pada dinding ban motor. Hal ini menunjukan batas keausan alur ban motor yang layak digunakan. Jika keausan tread sudah mencapai tanda ini maka sebaiknya ban segera digant karena alur ban sudah menunjukan keausan atau kebotakan.

Tubetype / Tubeless

Dalam dunia ban motor, terdapat dua jenis ban, yaitu tubetype dan tubeless. Ban motor Tubetype adalah jenis ban yang pada harus menggunakan ban dalam. Umumnya ban ini digunakan di velg jari-jari.

Ada juga ban Tubeless yang merupakan  jenis ban tanpa menggunakan ban dalam dengan ketentuan harus menggunakan velg castwheel. Tipe ban motor tubeless harus menggunakan ukuran yang sesuai dengan velgnya dan menggunakan pentil khusus tubeless.

DOT

Pernah melihat angka seperti 2014? Kira-kira, apa arti dari kode angka tersebut? Empat angka tersebut menunjukan kode waktu diproduksinya ban motor tersebut. Terdiri dari 4 angka yang berarti minggu dan tahun produksi. Sebagai contoh, angka 2318 memiliki arti minggu ke 23 tahun 2018.

Rotation

Totation dengan bentuk arah panah menunjukan arah putaran ban yang tetap agar ban motor berfungsi dengan baik. Namun di sejumlah merek, arah ban bisa berputar terbalik untuk fungsi yang maksimal. Jika Anda ragu, pastikan untuk menanyakan ketepatan dari arah panah kepada penjual.

Load Index dan Speed Symbol

Pernah melihat kode seperti 41P pada ban motor? Kode ini menunjukan batas kecepatan maksimun dan beban maksimum yang dianjurkan agar ban dapat digunakan dengan aman. Berikut adalah data-datanya:

INDEX BEBAN                INDEX SPEED

KODE BEBAN                 KODE SPEED

30       106 kg                   B    50 km/jam

31       109 kg                   C    60 km/jam

32       118 kg                   D    65 km/jam

33       115 kg                   E    70 km/jam

38       132 kg                   F    80 km/jam

40       140 kg                   G    90 km/jam

41       145 kg                   J    100 km/jam

42       150 kg                   K    110 km/jam

43       155 kg                   L    120 km/jam

44       160 kg                   M    130 km/jam

45       165 kg                   N    140 km/jam

46       170 kg                   P    150 km/jam

47       175 kg                   T    190 km/jam

48       180 kg                   U    200 km/jam

Maka kode 41P berarti beban maksimum untuk ban tersebut adalah 145 kg dan kecepatan maksimum yang ditempuh dengan beban tersebut adalah 150 km/jam.

Demikian sejumlah kode angka dan huruf pada ban motor. Hal tersebut dapat membantu Anda lebih mengetahui ban motor yang sesuai untuk sepeda motor agar aman dan nyaman untuk digunakan.

Beli ban motor di Planet Ban terdekat atau pesan via planetban.com. Dapatkan ban berkualitas terbaik dengan harga yang sesuai. Temukan diskon menarik untuk produk ban motor unggulan. Gratis biaya pasang dan isi ulang nitrogen selama pemakaian ban.

Cari ban motor? #PlanetBanAja!