Ciri-Ciri Ban Motor Harus Diganti demi Keamanan Berkendara

Sebagai komponen penting pada sepeda motor, ban motor harus mendapatkan perawatan yang khusus agar keselamatan dan kenyamanan saat berkendara terjaga. Agar tidak keliru, penting untuk memahami ciri-ciri ban motor harus diganti.  

Ban motor yang rusak membuat pengendaranya mudah tergelincir karena ban kehilangan kemampuannya untuk meredam getaran. Ban motor perlu diganti paling tidak setelah 5 tahun penggunaan dan harus diperiksa setiap tahunnya oleh mekanik berpengalaman.

Ciri-Ciri Ban Motor Harus Diganti 

Ketika mengendarai sebuah motor, tentunya para pengendara harus memastikan bahwa kendaraan dalam keadaan baik dan tidak dalam keadaan yang rusak, termasuk ban. Berikut adalah ciri-ciri ban motor harus diganti.  

1. Pola Telapak Ban Berkurang

Tapak ban yang terlalu tipis hingga mencapai 1 mm dari Tread Wear Indicators (TWI) atau penanda yang ada di sisi permukaan ban menandakan bahwa ban sudah di batas aus. Hal ini akan mengurangi stabilitas ban, sehingga mudah tergelincir di jalan yang rusak.

2. Gelembung di Ban Motor

Ban yang menggelembung akan membenjol ketika berbenturan dengan benda keras juga menandakan bahwa ban harus segera diganti. Hal ini disebabkan oleh tekanan angin yang sangat tinggi, sehingga ban mengembang jadi besar.  

3. Alur Kembang Menipis

Alur kembang adalah alur yang memecah kubangan air saat melintasi jalanan. Jika alur ini sudah tak terlihat lagi karena menipis, maka motor berisiko tinggi untuk tergelincir. Untuk menghindari hal itu, segera ganti ban ketika alur kembang mulai menipis sekalipun baru sedikit saja. 

4. Banyak Tambalan

Ciri-ciri ban motor harus diganti yang berikutnya adalah adanya goresan, sobekan, dan tusukan, sehingga membutuhkan banyak tambalan. 

Tambalan ini nantinya dapat merusak struktur ban dan membuatnya lebih rentan untuk pecah. Ban akan sering mengalami bocor dan kempis saat berjalan, sehingga dapat membahayakan pengendara.

5. Terasa Oleng saat Menikung  

Jika pengendara merasa oleng saat menikung, terlebih di jalanan yang beraspal rata, maka curigalah bahwa ban yang digunakan sudah tidak layak pakai. Segera periksakan ke bengkel tepercaya dan ganti dengan yang baru.  

6. Mudah Kempis

Jika ban motor mudah kempis atau sering kehilangan tekanan udara, maka itu menandakan bahwa ban perlu diganti. Hal ini dapat disebabkan oleh bocor halus di ban akibat katup ban atau valve cap yang rusak, sehingga area di sekitarnya berlubang. 

7. Sudah Terlalu Tua 

Idealnya, usia ban motor adalah 5 tahun pemakaian. Pengendara dapat mengecek tanggal kedaluwarsa di sisi ban. 

Jika sudah lebih dari 5 tahun, maka ban tersebut harus secepatnya diganti karena akan menjadi kaku dan tidak lagi elastis. Hal ini akan berdampak pada keselamatan pengguna.

Sudah menjadi keharusan bagi setiap pengendara untuk mengganti ban motor secara teratur dan mengetahui ciri-ciri ban motor harus diganti agar keselamatan terjaga. Luangkanlah waktu untuk memeriksa ban motor dengan rutin agar kondisinya tetap sehat.