Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Harus Diganti untuk Pemilik Motor Matik

Oli gardan berperan penting untuk melindungi motor dari keausan dan mencegah korosi di area gardan. Oli gardan harus rutin diganti agar tidak menimbulkan kerusakan motor. Ciri-ciri oli gardan motor harus diganti berfungsi sebagai petunjuk bagi pemilik motor untuk mengetahui jadwal penggantian oli gardan yang tepat.   

Bagi yang belum mengenal oli gardan, ini adalah oli yang diformulasikan untuk melumasi bagian gardan di motor. Bagi pengguna motor matik, oli gardan merupakan unsur terpenting agar motor bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, untuk mengetahui jadwal rutin penggantian oli gardan, pemilik motor perlu memperhatikan ciri-ciri penggantiannya.  

Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Harus Diganti

Oli gardan harus diganti secara berkala. Jika tidak, maka ini dapat menyebabkan gear ratio cepat rusak dan suaranya menjadi kasar. Penggantian oli gardan umumnya perlu dilakukan sekitar 4-8 bulan sekali tergantung pada pemakaian motor. Namun, jika ciri-ciri oli gardan motor harus diganti di bawah ini terjadi, maka oli gardan harus segera diganti sekalipun belum mencapai 4 bulan.    

1. Suara Motor Menjadi Bising

Motor yang mengeluarkan suara bising menandakan bahwa oli gardannya harus segera diganti. Suara bising ini muncul dari kotak CVT motor matik, sehingga mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Suara bising ini akan terdengar sangat kasar dan berisik, terutama ketika pertama kali mesin dinyalakan.

2. Warna Oli Berubah

Oli gardan yang berubah warna menjadi hitam atau gelap juga menandakan bahwa oli tersebut harus diganti. Oli gardan yang masih baik umumnya berwarna cokelat muda dan jernih. 

3. Konsistensi Oli Berbeda

Konsistensi oli gardan yang berbeda menunjukkan bahwa kondisi oli sudah tidak baik. Untuk mengukur konsistensi oli gardan masih layak pakai atau tidak, gunakan parameter oli. Jika oli gardan berubah menjadi kental, maka itu berarti oli kehilangan sifat pelumasnya, sehingga tidak baik untuk digunakan.

4. Mesin yang Berbau

Selanjutnya, kemunculan bau tak sedap dari oli gardan juga menunjukkan adanya masalah pada oli. Oli gardan yang sudah mengalami keausan akan menimbulkan bau yang tidak sedap ini. Bau ini ditimbulkan oleh pemanasan berlebihan atau kotoran yang menumpuk di sistem gardan. 

5. Motor Bergetar

Motor yang sering bergetar merupakan hal yang tidak wajar. Hal ini menunjukkan bahwa oli gardan tidak cocok untuk melumasi bagian-bagian gardan. Getaran yang terjadi ditimbulkan oleh kurangnya kualitas pelumas. Untuk mengatasinya, segera ganti oli gardan sesuai rekomendasi pabrikan motor.  

Oli gardan memiliki kegunaan dan fungsi yang penting untuk motor matik. Jika oli gardan tidak segera diganti, maka itu akan menimbulkan kerusakan di bagian-bagian gardan motor. Maka dari itu, sebagai pemilik motor, perhatikan ciri-ciri oli gardan motor harus diganti dengan saksama agar bisa mengetahui kapan seharusnya penggantian oli dilakukan.