Daftar Harga Oli Gardan Motor Matic yang Bagus

Oli gardan adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah motor matic. Fungsinya adalah untuk melumasi semua bagian kendaraan yang terdapat di dalam gearbox. Posisi oli gardan ini terpisah dan berbeda dengan oli mesin. Harga oli gardan motor matic sendiri cukup beragam. 

Walaupun merupakan salah satu komponen yang penting, tetapi sering kali perawatan oli gardan kurang diperhatikan. Padahal oli gardan harus diganti paling tidak satu kali dalam satu tahun atau setelah dua sampai tiga kali penggantian oli mesin. 

Merk dan Harga Oli Gardan Motor Matic

Pemilik motor matic dapat memilih oli gardan bawaan pabrik sendiri, seperti AHM Oil, Yamalube atau SGO. Namun, dapat juga memilih oli di luar pabrikan, seperti: Pertamina Enduro, Shell, Castrol dan lain sebagainya. Berikut adalah harga oli gardan motor matic yang bagus.

  1. X-TEN Oli Gear Matic

X-Ten Oli Gear Matic dijual dalam kemasan 120 ml. Oli ini lebih kental dibandingkan dengan oli gardan pabrikan. 

Oli gardan yang lebih kental dinilai lebih mampu memberikan perlindungan yang jauh lebih bagus. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp19.000.  

  1. Yamalube Gear Motor Oil

Oli gardan ini dikembangkan oleh pabrikan Yamaha khusus untuk motor matic 4-tak. Oli ini memiliki keunggulan berupa daya tahan terhadap tekanan dan beban yang tinggi. 

Oli ini tersedia dalam dua kemasan. Harga yang dibanderol untuk oli dengan kemasan 100 ml adalah Rp17.000 dan kemasan 150 ml adalah Rp20.000. 

  1. AHM Scooter Gear Oil

AHM Scooter Gear oil dikembangkan oleh pabrikan Honda yang tersedia dalam dua tipe. Pertama, oli gardan dengan botol putih tipe standar dengan bahan semi sintetik dibanderol dengan harga Rp19.500. 

Kedua, oli dalam botol oranye yang menggunakan bahan full sintetik dan dibanderol dengan harga Rp20.500. Oli gardan ini cocok untuk digunakan pada semua motor matic Honda. 

  1. Pertamina Enduro Scooter Gear Oil

Pertamina Enduro Scooter Gear oil adalah oli gardan yang memiliki kandungan aditif extreme pressure yang dapat menjaga kekentalan oli pada suhu yang tinggi. Oli ini dijual dalam kemasan 120 ml dan dibanderol seharga Rp17.000.

  1. Shell Advance Scooter Gear Oil

Shell Advance Scooter Gear Oil memiliki teknologi PurePlus yang dirancang efektif untuk berbagai suhu mesin dari rendah hingga tinggi. Harga oli gardan motor matic ini adalah Rp20.000 dengan kemasan 120ml.

  1. Castrol Scooter Gear Oil

Castrol Scooter Gear Oil ini khusus dirancang untuk melindungi gear dan bearing pada kondisi kerja mesin yang berat. Selain itu, oli ini juga mampu mengurangi kebisingan. Dijual dalam kemasan 120 ml, oli ini dibanderol dengan harga Rp19.000.

Demikianlah beberapa rekomendasi merk dan harga oli gardan motor matic yang dapat menjadi pilihan untuk merawat kendaraan bermotor. Harga di atas kemungkinan akan berbeda sesuai dengan setiap toko yang menjual oli tersebut.