Daftar Oli Matic Terbaik dan Harganya

Motor matic adalah jenis motor yang paling banyak diminati di Indonesia. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor matic mencapai 89,53% dari total penjualan motor di Indonesia per Juli 2023. Untuk mengoptimalkan performanya, dibutuhkan oli matic terbaik. Dengan demikian, pengendara bisa berkendara dengan aman dan nyaman.  

 

Tak heran motor yang sering disebut scooter ini diminati banyak orang. Tempat duduk motor matic rendah dan alasnya luas, sehingga bisa dipakai untuk mengistirahatkan kaki. Selain itu, motor matic juga dilengkapi Continuously Variable Transmission (CVT). Dengan begitu, pengendara tidak perlu secara manual memindahkan gigi roda. Hal tersebut tentunya meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.  

Oli Matic Terbaik  

Meski terbilang baru, oli X-Ten merupakan oli matic terbaik. Kandungan Ester di dalamnya mampu memberikan performa yang optimal dan menjaga temperatur oli tetap ideal. Oli dengan kandungan Ester adalah oli sintetik yang diberikan campuran ester sebagai aditif. Kandungan Ester memiliki antifriksi yang baik, sehingga sering dipakai untuk balapan. 

 

Sejumlah uji coba membuktikan bahwa oli X-Ten hanya bertemperatur sekitar 70°C di jarak ratusan kilometer. Dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi ini, maka akselerasi motor akan stabil.  

 

Selain itu, oli ini juga mampu membersihkan bagian mesin dari kerak sisa-sisa pembakaran. Kandungan Ester di dalamnya juga membentuk lapisan yang menjaga dinding silinder dari gesekan piston. Hal ini membuat usia pakainha cukup panjang. 

Daftar Harga Oli Motor Matic Terbaik 

Berikut adalah daftar harga oli motor matic terbaik dari merek X-Ten: 

  • X-TEN 10W30 Matic 0,8 liter Rp49.500

  • X-TEN 10W40 Matic 0,8 liter Rp49.500

  • X-TEN 10W40 Super Matic 1 liter Rp66.000

  • X-TEN Double Ester Matic 10W30 800 mililiter Rp90.000 

  • X-TEN Double Ester Matic 10W40 900 mililiter Rp95.000

  • X-TEN Oli Gear Matic Rp19.000 

Cara Merawat Motor Matic  

Setelah mengetahui daftar harga oli motor matic terbaik, penting juga untuk mengetahui cara merawat jenis motor ini agar bisa bertahan lama. Simak caranya di bawah ini. 

1. Rutin Panaskan Motor  

Panaskan motor setiap pagi dengan electric starter. Jangan pernah mengendarai motor sebelum dipanasi, karena itu akan merusaknya secara perlahan.   

2. Ganti Oli secara Teratur  

Sebagus apa pun kualitas oli yang dipakai, akan tetap membahayakan pengendara jika tidak diganti secara teratur. Dianjurkan untuk mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau ketika mencapai jarak tempuh maksimal 2.000 km.  

3. Bawa Beban Sesuai Batas

Jangan membawa beban yang terlalu berat, karena beban yang terlalu berat akan mengganggu kinerja shockbreaker si peredam guncangan. 

4. Lakukan Servis Rutin 

Terakhir, lakukan servis rutin maksimal 2 bulan sekali di bengkel resmi terdekat. Dengan begitu, semua komponen mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang lengkap. Jika ada yang perlu diganti, maka bisa segera diganti sebelum rusak parah dan menimbulkan kecelakaan. 

 

Itulah rekomendasi dan harga oli matic terbaik. Ikutilah cara perawatan motor matic di atas agar dapat bertahan lama dan bekerja dengan optimal.