Estimasi Harga Ganti Oli Motor di Bengkel Resmi

Ganti oli merupakan rutinitas yang harus dilakukan oleh pemilik motor. Informasi mengenai estimasi harga ganti oli motor sangat penting untuk diketahui agar pemilik motor dapat menyiapkan dana yang cukup sebelum membawa motor ke bengkel. 

Sebelum mencari perkiraan harga ganti oli sepeda motor, penting untuk memahami fungsi oli mesin dan tujuannya agar dapat memenuhi kebutuhan motor Anda. Proses penggantian oli biasanya dilakukan bersamaan dengan servis berkala, yang merupakan hal penting karena oli sangat memengaruhi performa mesin motor.

Harga Ganti Oli Motor  

Pada saat servis berkala dilakukan, selain mengganti oli, lakukan juga pengecekan busi, pembersihan saringan udara, dan berbagai servis lainnya yang dibutuhkan. Jadi, selain harga ganti oli motor, pengendara juga perlu menyiapkan dana cadangan untuk berjaga-jaga apabila servis lainnya juga dibutuhkan.  

Oli sendiri berfungsi untuk melumasi komponen dalam mesin agar kinerja mesin menjadi optimal. Namun, seiring berjalannya waktu, kualitas dan volume oli akan berkurang karena panas dan sisa-sisa pembakaran pada mesin.

Interval penggantian oli biasanya setiap 1000 kilometer atau sebulan sekali. Namun, setiap motor dan jenis oli memiliki jadwal yang berbeda. Misalnya motor matic umumnya memerlukan penggantian oli mesin setiap menempuh jarak 3000–5000 kilometer dan penggantian oli gardan setiap menempuh jarak 5000–8000 kilometer. 

Jenis oli juga memengaruhi interval penggantian. Oli untuk motor bebek umumnya diganti setiap menempuh 1000–3000 kilometer. Namun, jika pengendara menggunakan oli full synthetic, maka penggunannya bisa lebih panjang. Jadi, pengendara baru perlu mengganti oli setelah menempuh jarak 5000 kilometer.

Harga ganti oli sepeda motor cukup bervariasi, tergantung bengkel dan jenis oli. Di bengkel umum, harga oli mesin berkisar antara Rp35.000–Rp90.000 per botol, sedangkan harga oli gardan berkisar antara Rp12.000–Rp20.000 per botol 120 ml. Selain harga oli motor, pengendara juga harus menyiapkan biaya jasa penggantian oli yang berkisar antara Rp30.000–Rp50.000. 

Sementara di bengkel resmi, harga oli sebenarnya tidak jauh berbeda, tetapi biaya jasa penggantiannya akan sedikit lebih tinggi, yakni sekitar Rp50.000–Rp100.000, tergantung pada merek dan jenis motor yang dikendarai. Namun, untuk motor baru atau tertentu, biaya jasa penggantian mungkin tidak dikenakan karena adanya kuota servis gratis pada masa awal servis.   

Demikian estimasi harga ganti oli motor di bengkel resmi. Apabila antrean di bengkel resmi terlalu panjang atau lokasinya terlalu jauh dari tempat tinggal Anda, maka silakan bawa motor Anda ke bengkel nonresmi yang tepercaya, seperti Planet Ban.   Planet Ban menyediakan berbagai jenis oli dalam aneka ukuran untuk berbagai tipe motor dengan harga dan tarif penggantian yang terjangkau. Bengkel ini jugtersebar di berbagai wilayah, sehingga mudah ditemukan.