Ganti Oli Motor Berapa Bulan Sekali? Simak Jawaban Detailnya di Sini!

Ganti oli motor berapa bulan sekali? Pertanyaan ini sering muncul di benak para pemilik motor, terutama yang baru atau tidak terbiasa dengan perawatan rutin kendaraan. 

Mengganti oli secara teratur adalah salah satu langkah penting dalam menjaga performa dan umur panjang mesin motor Anda. Lalu, ganti oli motor berapa bulan sekali harusnya dilakukan? Ternyata, selain jarak tempuh, ada hal lain yang bisa memengaruhi durasi pemakaian oli dan akhirnya menentukan frekuensi penggantian oli lo!

Hal apa? Yuk, baca artikel ini sampai selesai.

Ganti Oli Motor Berapa Bulan Sekali?

Frekuensi penggantian oli motor bergantung pada jarak tempuh kendaraan dipakai. Hal ini umumnya sudah diketahui. Sebagai panduan umum, produsen motor biasanya merekomendasikan penggantian oli setiap 2.000 hingga 4.000 kilometer atau setiap 2 hingga 6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Akan lebih baik jika Anda merujuk pada buku manual untuk mengetahui rekomendasi spesifik produsen mengenai jadwal perawatan dan penggantian oli. Pastikan juga untuk selalu memeriksa level dan kualitas oli secara berkala agar motor Anda tetap dalam kondisi terbaik.

Namun, di samping jarak tempuh atau durasi waktu, ada juga faktor lain yang memengaruhi frekuensi penggantian oli. Apa itu? Tipe motor.

Tipe motor dapat memengaruhi frekuensi penggantian oli karena beberapa alasan, seperti perbedaan dalam desain mesin, kapasitas oli, dan kebutuhan pelumasan. Berikut beberapa tipe motor yang dapat memengaruhi frekuensi penggantian oli:

Motor bebek (underbone)

Motor jenis ini umumnya memiliki mesin kecil hingga menengah dan digunakan untuk keperluan sehari-hari dalam jarak pendek hingga menengah. Penggantian oli biasanya direkomendasikan setiap 2.000-4.000 kilometer atau 2-4 bulan, tergantung penggunaan dan rekomendasi produsen.

Motor sport

Motor sport memiliki mesin yang lebih besar dan lebih bertenaga, yang menghasilkan suhu dan tekanan yang lebih tinggi dalam sistem pelumasan. Karena itu, mereka mungkin memerlukan penggantian oli yang lebih sering, seperti setiap 1.000-3.000 kilometer atau 1-3 bulan.

Motor matik (scooter otomatis)

Motor matik biasanya memiliki mesin kecil hingga menengah, tetapi memiliki sistem transmisi yang berbeda dari motor bebek dan motor sport. Frekuensi penggantian oli pada motor matik umumnya berkisar antara 2.000-4.000 kilometer atau 2-4 bulan.

Motor adventure atau touring

Motor jenis ini biasanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan memiliki mesin yang lebih besar. Penggantian oli mungkin perlu dilakukan lebih sering, terutama jika digunakan dalam kondisi off-road atau penggunaan intensif.

Nah, itu dia ternyata jawaban untuk pertanyaan ganti oli motor berapa bulan sekali.

Selain oli, Anda juga perlu untuk melakukan pengecekan terhadap ban. Pasalnya, ban motor yang sudah terlalu lama bisa jadi akan gundul dan perlu penggantian juga.

Mumpung ada Promo Spesial Ban dengan potongan langsung Rp25.000 dari Planet Ban nih! Untuk ring 14, merek Presa Planeto Tubless 70/90 - 14 ada potongan dari Rp185.000 menjadi Rp160.000, Presa Planeto Tubless 80/90 - 14 ada potongan dari Rp239.000 menjadi Rp214.000, dan Presa Planeto Tubless 90/90 - 14 ada potongan dari Rp274.000 menjadi Rp249.000.

Sementara untuk ukuran lain juga ada potongan harga lho. Seperti Presa Planeto Tubless 70/90 - 17, ada potongan dari Rp225.000 menjadi Rp200.000, dan Presa Planeto Tubless 80/90 - 17 harganya Rp244.000 setelah sebelumnya Rp269.000.

Gimana? Hemat kan jadinya? Segera datang ke Planet Ban terdekat untuk mendapatkan promo ini, berlaku 15 - 31 Maret 2023.