Harga Aki Motor Terbaik dan Tips Memilihnya

Harga aki motor merupakan informasi penting bagi setiap pengendara motor. Pasalnya, aki motor merupakan alat dengan kandungan cairan aki yang berperan dalam menghasilkan, menyimpan, dan memasok daya listrik ke berbagai komponen lainnya, sehingga kinerja motor tetap baik.  

Di indonesia ada banyak jenis produk motor, seperti motor bebek, motor matic, dan motor sport. Setiap jenis motor memiliki kebutuhan aki yang berbeda-beda tergantung mesin dan fitur yang dimiliki oleh motor tersebut.

Tips Memilih Aki Motor 

Sebelum melakukan pembelian dan penggantian aki motor, pengendara perlu mengetahui tips memilih aki dengan tepat.

1. Sesuaikan dengan Kapasitas Motor   

Terdapat 3 jenis aki untuk motor, yakni aki kering, aki basah, dan aki gel. Pilih aki yang sesuai kapasitas dan tipe motor Anda. 

Sebagai contoh, motor sport membutuhkan aki dengan kapasitas 10Ah, sedangkan motor bebek. cukup dengan aki berkapasitas 5 Ah.

2. Perhatikan CCA dan Ah 

CCA adalah singkatan dari cold cranking amperes, yakni kemampuan aki motor untuk mengeluarkan daya awal yang besar. Daya itu kemudian digunakan untuk menyalakan mesin motor. 

Sementara itu, Ah yang ada dj aki motor menunjukkan kapasitas penyimpanan energi listrik. Semakin tinggi Ah dan Cca-nya, maka kualitasnya pun semakin baik.   

3. Pilih Aki Motor Tepercaya 

Bengkel motor ini memiliki reputasi yang baik. Ini dapat dicek melalui ulasan online maupun dengan meminta pendapat dari keluarga dan teman.   

4. Hindari Pembelian Aki Bekas 

Membeli barang bekas tidak pernah disarankan. Demikian pula halnya dengan aki motor. Sekalipun harganya sangat murah, tetapi Anda tidak tahu persis bagaimana kondisi awalnya, sehingga berisiko untuk keamanan Anda dalam berkendara.  

5. Beli Aki di Toko yang Tepercaya

Belilah aki di toko atau bengkel yang tepercaya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan aki orisinal yang berkualitas tinggi dengan aneka pilihan yang menarik 

Dari segi harga, pembelian aki di toko atau bengkel tepercaya memang cenderung lebih mahal, tetapi kualitasnya terjamin. Lain halnya dengan toko nonresmi yang menjual aki palsu yang tentunya akan membahayakan keselamatan pengendara.     

Harga Aki Motor

Seiring perkembangan industri otomotif, kini sudah ada beragam harga aki motor dengan tipe yang berbeda-beda. Berikut adalah harga aki motor terbaik untuk para pengendara. 

1. Aki X-Smart NS ACCU NTZ 5S dengan tipe X-Smart NS ACCU (Aki) NTZ 5S seharga Rp210.000.   

2. Aki Motobatt Gel MTZ6S seharga Rp240.000

3.Aki X-Smart NS ACCU NTZ 6V seharga Rp252.000.    

Demikian tips memilih aki dan harga aki motor di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ikuti sejumlah tips di atas agar tidak keliru dalam membeli aki motor.