Harga Ban Belakang Nmax dan Tips Merawatnya

Nmax adalah motor Yamaha yang banyak diminati para pengendara Indonesia. Dalam mengendarai motor ini, tidak hanya ban depan, tetapi pembelian ban belakang yang tepat juga perlu diperhatikan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui harga ban belakang Nmax. 

 

Motor NMax menggunakan ban depan dengan ukuran 110/70-13 dan ban belakang dengan ukuran 130/70-13. Jadi, pengendara Nmax harus membeli ban dengan ukuran tersebut demi keselamatan berkendara. 

Harga Ban Belakang Nmax 

Berikut adalah daftar harga ban belakang Nmax yang bisa menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara:   

  1. PLANETO GOLD SC33 130/70-13: Rp500.000  

  2. ASPIRA PREMIO STRETTO 130/70-13 R: Rp503.000. 

  3. PRESA PS-588 130/70-13: Rp515.000.  

Tips Merawat Ban Motor 

Setelah memilih ban belakang yang cocok untuk motor Nmax, pengendara juga harus merawat ban motor tersebut agar terhindar dari kondisi aus dan kerusakan lainnya.   

1. Cuci Ban dengan Rutin 

Pertama, cuci ban secara berkala dengan air dan sabun ringan. Ingatlah untuk juga membersihkan alur ban dan sela-sela antara alur. Kemudian, keringkan dengan baik. Tunggu sampai kering sepenuhnya, baru gunakan untuk berkendara.    

2. Periksa Tekanan Angin 

Periksa tekanan angin dan sesuaikan dengan rekomendasi dari pabrik. Ketidaksesuaian tekanan angin akan berdampak buruk pada handling dan stabilitas motor, yang pada akhirnya juga mempercepat keausan ban.   

3. Periksa Bagian Luar Ban

Tidak hanya tekanan angin, bagian luar ban pun perlu diperhatikan dengan saksama. Apabila ada bagian yang bergelombang, sobek, retak, atau rusak karena benda asing, maka segera ganti ban dengan suku cadang yang asli.  

4. Membawa Beban yang Sesuai Standar 

Setiap motor memiliki standar maksimal masing-masing untuk beban yang dibawa pengendara. Pastikan untuk membawa beban sesuai standar ini agar tidak mempercepat aus pada ban depan maupun belakang.  

5. Periksa Ketebalan Ban 

Pengendara juga perlu memeriksa ketebalan ban lewat indikator yang menunjukkan keausan alur ban, yakni Tread Wear Indicator (TWI) dengan tanda segitiga di dinding samping ban. 

Apabila tampak salah satu indikator keausan di permukaan, maka itu berarti fungsi alur ban berkurang dan akan berbahaya jika dikendarai dalam cuaca hujan. Jika ini terjadi, segera ganti ban tersebut dengan yang baru.    

6. Lakukan Rotasi Ban 

Rutin melakukan rotasi ban bisa mencegah ban dari keausan yang tidak merata dan turut memperpanjang umur pakai ban. Jadi, lakukan rotasi ban secara rutin berdasarkan rekomendasi pabrik (umumnya setiap 8.000 km sekali). 

7. Lakukan Spooring and Balancing

Selanjutnya, lakukan spooring and balancing agar ban tetap seimbang. Apabila mulai terasa getaran yang tidak biasa atau masalah handling, maka segera lakukan spooring and balancing. Tindakan ini sebaiknya dilakukan 6 bulan sekali. 

Setelah mengetahui harga ban belakang Nmax, pilihlah ban motor yang sesuai kebutuhan dan rawat dengan baik demi keamanan berkendara.