Harga Rantai Motor Berdasarkan Jenis dan Fungsinya

Rantai motor merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk meneruskan daya putaran mesin dan menggerakkan roda. Apabila rantai motor bermasalah, maka hal itu tentu akan berdampak buruk pada jalannya mesin dan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam berkendara. Di pasaran sendiri harga rantai motor bervariasi, tergantung pada tipe dan fungsinya.  

 

Salah satu rantai yang biasanya menjadi andalan bahkan dalam ajang balap adalah produk SSS. Rantai dari SSS sendiri memiliki berbagai tipe, mulai dari tipe RO, LO, HSBT, HSB2T, SB, HSB, hingga STD.  

Harga Rantai Motor  

Harga rantai motor tentunya beragam mulai dari puluhan hingga ratusan ribu tergantung pada jenis dan fungsinya. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih rantai motor. 

  1. Rantai RO

Tipe rantai RO ini memiliki harga yang cukup bervariasi dan biasanya ada pada kisaran Rp450.000-Rp800.000. Jenis rantai ini menggunakan seal O-Ring yang kuat, yang terletak antara pelat rantai dan berfungsi sebagai karet pemisah antarpelat, sehingga tidak saling bergesekan. Selain itu, rantai ini juga berfungsi untuk menjaga rantai pada bagian yang terlumasi. Jenis rantai ini cocok digunakan untuk touring dan balapan.  

  1. Rantai LO 

Rantai jenis ini berada pada kisaran harga Rp400.000-Rp500.000. Jenis rantai yang satu ini adalah seal O-Ring yang ringan dan ekonomis. Rantai jenis ini juga cocok digunakan untuk touring maupun berkendara sehari-hari. 

  1. Rantai HSBT

Rantai HSBT merupakan penggabungan dari teknologi konstruksi seamless bushing dan innerplate yang tebal disertai dengan jenis Grease T technology dari Jepang. Jenis rantai ini dianjurkan untuk motor dengan performa tinggi. Harga dari rantai ini berada pada kisaran Rp250.000-Rp500.000.

  1. Rantai HSB2T

Jenis rantai ini merupakan salah satu rantai dengan teknologi terbaru dari SSS yang juga merupakan edisi terbatas dan mengusung kekuatan HSBT dengan penambahan performa pada bushing rantai. 

 

Rantai ini memiliki ukuran cukup tipis, tepatnya ukuran 415. Rantai ini juga mampu mengimbangi motor 250cc dan cocok digunakan untuk balapan. Untuk biayanya sendiri, rantai ini berkisar pada angka Rp550.000-Rp650.000. 

  1. Rantai HSB

Jenis rantai ini merupakan teknologi gabungan antara heavy duty dan solid bushing. Dengan demikian, rantai ini dikhususkan bagi motor yang membutuhkan kekuatan tinggi. Rantai ini tersedia dalam berbagai jenis warna dan cocok digunakan untuk motor dengan gaya yang colourful. Rantai ini berada pada kisaran harga Rp250.000-Rp450.000.   

  1. Rantai SB Gold

Jenis rantai ini merupakan rantai SB seri gold yang paling ekonomis dengan teknologi solid bush atau bushing silinder utuh yang ada pada bagian struktur rantai, sehingga tidak mudah kendor. Untuk harganya, jenis rantai ini berada pada kisaran Rp200.000-Rp250.000.    

  1. Rantai STD

Rantai jenis ini merupakan seri dasar dari SSS dengan harga yang terjangkau, yaitu berada pada kisaran Rp70.000-Rp100.000. Seri ini tentunya sangat cocok untuk penggantian atau penggunaan sehari-hari. 

 

Itulah daftar harga rantai motor beserta dengan fungsinya. Sebelum membeli, cermati tipe dan kebutuhan sesuai dengan kendaraan Anda.