Idealnya, Service Motor Berapa Bulan Sekali?

Sebagai alat transportasi yang digunakan dalam keseharian, sepeda motor juga membutuhkan service rutin. Banyak sekali pemilik motor yang belum memahami pentingnya service rutin dan belum mengetahui service motor berapa bulan sekali. 

Hal ini karena motor yang digunakan sehari-hari akan mengalami penurunan performa dan kualitas suku cadang seiring dengan berjalannya waktu. Belum lagi jika motor digunakan dalam kondisi yang tidak ideal seperti jalanan yang tidak rata, macet, dan masih banyak lagi. 

Interval Service Motor yang Ideal

Motor yang bekerja terus menerus membutuhkan perhatian khusus dengan service yang lengkap. Service ini bertujuan untuk mengecek kondisi suku cadang dan mesin motor tetap dalam kondisi prima serta melakukan perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan. 

Terdapat interval atau jarak batas waktu antar servis motor. Biasanya interval service motor ini merujuk pada waktu penggunaan atau pada angka di speedometer. 

Pada motor yang sering digunakan, idealnya service motor dilakukan setiap 2-3 bulan. Hal ini untuk mengecek kondisi oli dan ban pada motor agar tetap berada dalam kondisi yang prima. Namun, jika motor sering digunakan untuk aktivitas yang berat, seperti perjalanan yang jauh, membawa beban berat, melalui medan yang sulit, tentu saja service motor dapat dilakukan lebih sering. 

Jika Anda ragu, Anda juga dapat menentukan interval service dengan memperhatikan angka speedometer yang ada pada motor Anda. Angka tersebut akan menunjukkan jarak yang sudah ditempuh. Cara ini lebih disarankan karena dapat  Sebaiknya lakukan service setiap 2000 - 3000 kilometer agar kondisi motor tetap prima. 

Untuk mengurangi interval service motor, Anda bisa menggunakan pilihan oli yang berkualitas tinggi, seperti oli dengan bahan sintetik double ester. Hal ini karena oli dengan bahan ester sendiri bisa digunakan hingga jarak tempuh 5000 - 6000 kilometer sebelum penggantian sehingga Anda bisa menggunakan motor tanpa service dengan interval lebih lama. 

Selain oli motor, bagian lain yang perlu dicek saat sevice rutin adalah busi. Seringkali busi yang sudah lama tidak diganti dapat menyebabkan motor jadi tidak bisa dinyalakan. Idealnya penggantian busi dilakukan setiap 2 kali ganti oli. 

Biasanya saat melakukan service motor terpadu, mekanik juga akan mengecek filter udara, kampas rem, klakson, tegangan rantai, dan ban. Oleh karena banyaknya komponen yang dicek, sebaiknya Anda mempercayakan service motor pada bengkel yang terpercaya, misalnya saja pada Toko Planet Ban. 

Tak hanya servis rutin, Planet Ban juga menyediakan kebutuhan suku cadang seperti ban dengan harga yang menarik. Misalnya saja pada bulan ini Planet Ban memiliki promo spesial ban potongan langsung Rp. 25.000 untuk ban ban berikut ini:

 

  • Planeto Gold TL SC 22 100/90 - 12 dari harga normal Rp.269.000 menjadi Rp. 229.000

  • Planeto Gold TL SC22 110/90 - 12 dari harga normal 329.000 menjadi Rp. 279.000

  • Aspira Tubeless Premio Sportivo 100/90-12 FR dari harga normal 289.000 menjadi Rp. 244.000

  • Aspira Tubeless Premio Stretto 110/90 12 R dari harga normal 353.000 menjadi Rp.309.000

  • Pressa Tubeless P-588 110/90-12 dari harga normal 355.000 menjadi Rp. 329.000 

 

Jadi tunggu apa lagi? Percayakan servis rutin dan aneka kebutuhan motor Anda hanya di Planet Ban!