Saat akan ganti ban, Anda pasti menginginkan ban yang cocok dan tepat untuk sepeda motor Anda. Kualifikasi tersebut meliputi alur ban, jenis kompon, ukuran, harga serta brand produk. Tentunya, ban yang tepat dan sesuai akan memberi rasa aman dan nyaman dalam berkendara.

Ban tubetype maupun ban tubeless bisa menjadi pilihan untuk sepeda motor Anda. Ban tubetype terasa lebih “menggigit” di tikungan sementara ban tubeless lebih nyaman untuk track lurus dan tidak langsung kempes saat tertusuk benda tajam. Namun, selain alur, Anda juga harus menggunakan ukuran ban yang tepat untuk ban motor Anda.

Membaca Ukuran Ban Motor

Untuk memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan berkendara, Anda harus mengetahui ukuran ban yang tepat untuk motor Anda. Hal ini, erat kaitannya dengan ukuran velg yang digunakan. Selain terlihat jelek, ukuran lebar ban yang tidak sesuai ukuran lebar velg tidak juga bisa membahayakan. ketidak sesuaian ban dengan velg bisa memicu kerusakan ban dan mengakibatkan kecelakaan.

Pemasangan ban motor harus dengan ukuran yang sesuai. Ukuran ban motor yang sering ditemui  ada dua macam yaitu imperial dan metrix.  

Pernah melihat angka seperti 80/90-14 atau 110/90-17? Hal ini memiliki arti ukuran ban. Angka pertama adalah ukuran bagian terlebar dari ban sementara angka kedua adalah adalah persentase dari lebar ban. Angka belasan selanjutnya adalah ukuran diameter velg yang harus digunakan.

Jadi jika ada kode 80/90-14 berarti ban motor tersebut memiliki lebar 80mm dengan tinggi dinding ban 72mm dan untuk velg ukuran 14 inchi.

Angka pertama, “80” adalah section width yang berarti ukuran antara sisi ban. Biasa diartikan sebagai lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Selanjutnya angka “90” di belakangnya adalah aspek rasio. Aspek rasio adalah persentase section width yang dibandingkan dengan section height (tinggi dari tapak ban ke bibir ban, diukur dari sebelah sisi ban). Bila disebutkan angka aspek rasio 90, artinya tinggi ban adalah 90% dari 80mm = 72mm. Sedang angka, “14” menunjukan diameter dalam ban, atau diameter pelek.   

Untuk keterangan yang lebih mudah, Anda bisa menanyakan langsung kepada penjual ban motor. Seperti halnya di Planet Ban, Anda bisa menanyakan langsung ke mekanik kami saat berkunjung ke toko. Tim toko Planet Ban dengan senang hati akan membantu Anda menemukan ban motor dengan ukuran yang sesuai dengan velg motor Anda. Berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Yuk, ke Planet Ban, sekarang juga!