Ini Perbedaan PCX ABS dan CBS

Salah satu motor yang digemari oleh banyak riders di Indonesia adalah Honda PCX. Lini motor premium besutan Honda ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2017 silam, namun hingga kini design-nya yang modern membuat motor ini terus menjadi salah satu produk terlaris Astra Honda Motor Indonesia. Terdapat 2 varian PCX yaitu PCX ABS dan PCX ABS. Apa sebenarnya perbedaan PCX ABS dan CBS? 

 

Sekilas kedua produk ini terlihat sama, akan tetapi ternyata ada perbedaan yang sangat mendasar dari kedua jenis motor matic ini. Meski demikian, kedua tipe motor matic Honda ini sama-sama memiliki mesin dengan kapasitas 150cc dengan tipe mesin 4 langkah SOHC, dan suplai bahan bakar PGM-Fi. Suspensi yang dimiliki pun sama yaitu suspensi teleskopik di bagian depan dan twin di bagian belakang. 

 

5 Perbedaan PCX ABS dan CBS

 

Jika Anda ingin membeli motor PCX namun bingung dengan model yang dapat Anda pilih, jangan khawatir, ini dia beberapa perbedaan PCX ABS dan CBS yang perlu Anda ketahui:

 

  1. Sistem pengereman

ABS dan CBS sendiri merujuk pada sistem pengereman yang dimiliki oleh Honda PCX. ABS sendiri merupakan anti-lock bracking system sedangkan CBS adalah Combi Brake System. Pada sistem rem ABS, pengereman menggunakan sensor yang mendeteksi secara otomatis sehingga lebih aman meskipun tuas rem ditekan secara mendadak. 

 

Sedangkan pada sistem CBS, pengereman bekerja dengan mendistribusikan tenaga ke roda belakang dan tuas ungkit untuk menekan knocker, hingga kemudian piston hidrolik dapat mengaktifkan rem cakram depan. Kedua sistem keselamatan dalam pengereman inilah yang menjadi perbedaan utama antara motor PCX ABS dan CBS

 

  1. Kampas Rem

Perbedaan PCX CBS dan ABS lainnya adalah ukuran kampas rem yang digunakan. Karena perbedaan sistem pengereman, kampas rem Honda PCX CBS memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang kampas rem PCX ABS. Kode kampas rem kedua tipe ini juga berbeda, jadi jangan sampai salah pilih ya!

 

  1. Bobot Motor

Motor PCX ABS dan CBS juga memiliki bobot yang berbeda, meskipun tidak terpaut jauh. Berat PCX ABS adalah sebesar 132 kilogram, sedangkan PCX CBS memiliki bobot 131 kilogram. 

 

  1. Pijakan Kaki dan Moncong Knalpot

Pijakan kaki pada kedua motor ini juga berbeda. PCX ABS memiliki dek air dari bahan stainless steel dengan tulisan PCX, sedangkan PCX CBS tidak. 

 

Untuk moncong knalpot PCX ABS menggunakan bahan plastik berwarna biru, sedangkan moncong knalpot PCX CBS menggunakan bahan plastik namun berwarna hitam. 

 

  1. Stiker Bodi

Nah terakhir, ini adalah perbedaan PCX ABS dan CBS yang paling mudah dilihat, yaitu pada stiker bodi motor ini. Varian ABS memiliki stiker silver yang terlihat lebih mewah jika dibandingkan dengan stiker milik varian CBS sehingga ketika dijajarkan, perbedaan kedua motor ini menjadi lebih menonjol. 

 

Demikianlah perbedaan motor PCX ABS dan CBS yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih kedua varian PCX ini. Pilih motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan lupa percayakan servis dan suku cadang pada Planet Ban!

Promo Ngebut Planet Ban - Voucher Diskon Servis Motor