Jadwal Buka Tutup Puncak dan Jalur Alternatifnya

Setiap akhir pekan dan hari libur biasanya banyak pengendara asal Jakarta yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Puncak, Bogor. Volume kendaraan lantas meningkat, bahkan sampai menimbulkan kemacetan. Maka dari itu, pihak berwajib menerapkan berbagai sistem untuk mengurangi kemacetan, seperti jadwal buka tutup puncak dan one way.  

Jadwal buka tutup puncak harus diketahui oleh pengendara roda dua maupun empat. Kepolisian biasanya memberlakukan jadwal buka tutup dan one way pada akhir pekan, tanggal merah, dan cuti bersama di sepanjang jalur Puncak, Bogor. 

Sistem Buka Tutup Puncak 

Sistem buka tutup Puncak adalah sebuah tindakan yang berguna untuk mengurangi kemacetan dengan cara menutup satu arah atau arus jalan tertentu. Ada dua jalur dengan dua arah untuk menuju Puncak dan ke arah bawah. Jadwal ini diberlakukan pada jam-jam tertentu. Berikut adalah beberapa jadwal buka tutup Puncak, Bogor: 

  1. Pukul 08.00-12.00 WIB dibuka hanya untuk satu arah ke jalur arah Puncak, sedangkan jalur ke arah bawah akan ditutup. Kendaraan yang menuju ke bawah akan dialihkan ke jalur lain. 

  2. Pukul 13.00-16.00 WIB hanya dibuka satu jalur ke arah bawah, sedangkan jalur ke arah Puncak akan ditutup dan dialihkan ke jalur lainnya. 

Sistem di atas bisa saja berubah sesuai kebutuhan, maka para pengendara harus selalu mengikuti informasi terbaru dari media sosial NTMC Korlantas Polri. 

Sistem One Way 

Selanjutnya, ada sistem one way, yang merupakan sistem peraturan lalu lintas yang mengubah jalan yang awalnya dua arah menjadi satu arah saja untuk mengurangi antrian kendaraan yang akan melintas. 

Sistem ini diberlakukan untuk meningkatkan kapasitas jalan, sehingga lebih banyak kendaraan yang bisa melintas dalam beberapa ruas jalan ke arah tertentu.

Sistem one way ini diterapkan sesuai situasi dan kondisi arus lalu lintas kendaraan di tempat kejadian. Berikut adalah jadwal one way Jakarta–Puncak Bogor:

  • Arah Jakarta 12.30-18.00 WIB, tetapi tetap kondisional. 

  • Arah Puncak 07.00-12.00 WIB, tetapi tetap kondisional.  

Jalur Alternatif Menuju Puncak  

Namun, jika pengendara sedang terburu-buru atau memiliki keperluan darurat yang mengharuskan untuk berkendara ke arah Puncak atau turun dari Puncak di luar jadwal buka tutup, tak perlu khawatir.   

Pengendara dari arah Jakarta atau Depok bisa melewati pintu tol Sentul Selatan, lalu pilih rute menuju Babakan Madang atau Perumahan Bukit Pelangi atau Rainbow Hill. Jalur ini akan langsung mengantar pengendara ke Jembatan Megamendung.   

Dari Megamendung, langsung belok ke kanan di samping Vimala Hills setelah Simpang Gadog. Lalu ambil jalur ke arah Cibedug. Setelah itu, di pertigaan Cibedug, ambil jalur kiri menuju Arca Domas. Kemudian, dari arah Polsek Megamendung, pengendara akan melewati beberapa desa dan akan sampai di Pasar Cisarua.  

Jadwal buka tutup Puncak diterapkan untuk mengurangi kemacetan. Kareba kontur jalan di kawasan Puncak yang berkelok-kelok dengan tikungan yang cukup tajam, pengendara diimbau untuk sangat berhati-hati dan memastikan kondisi kendaraan maupun fisik dalam keadaan yang baik dan sehat.