Social Distancing akibat wabah Covid-19 ini membuat ruang gerak kita sedikit terbatas. Sejumlah aktifitas kita dialihkan ke rumah untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 tersebut.

Namun, minimnya aktifitas keluar rumah mambuat kita jadi jarang menggunakan kendaraan, khususnya motor. Untuk Anda yang terbiasa menggunakan sepeda motor dalam aktifitas bekerja, tentu akan sangat berbeda jika motor Anda dibiarkan tidak menyala dalam waktu yang lama.

Agar performa motor tidak menurun akibat terlalu lama diabaikan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Perawatan motor ini bisa dilakukan di rumah lho.

Perawatan awal sepeda motor bisa dilakukan dengan mencuci motor. Mencuci motor bisa membersihkan debu dan kotoran yang ada di bodi motor. Kotoran tersebut bisa saja masuk ke celah mesin yang akhirnya mengganggu kinerja mesin. Namun jika Anda tidak menggunakan motor dalam waktu lama, maka pencucian motor bisa dilakukan seminggu sekali dan sisanya cukup dilap menggunakan kain kering bersih yang halus.

Kemudian, lakukan pemanasan mesin motor secara rutin di jam yang sama. Memanaskan mesin dapat membantu suplai listrik aki tetap menyala. Saat memanaskan motor, lakukan dengan cara kick starter agar dorongan listrik bisa naik dengan cepat. Dibutuhkan waktu sekitar 5 menit agar suplai listri stabil sebelum akhirnya bisa dinyalakan dengan elektrik starter.

Saat pemanasan mesin motor, coba tunggangi motor Anda saat di-standar tengah. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui bunyi dan getaran mesin. Jika getaran mesin terasa berisik dan mengganggu, sebaiknya persiapkan diri Anda untuk berkunjung ke bengkel terdekat. Lakukan pengecekan atau mungkin, penggantian sparepart.

Coba ingat lagi, kapan terakhir Anda mengganti oli motor. Jika Anda lupa, lakukan pengecekan oli motor melalui deepstick di tangki oli. Putar dan cabut deepstick untuk mengetahui kualitas oli berdasarkan warnanya. Semakin gelap warnanya, menjadi tanda bahwa oli harus segera diganti. Anda bisa berkunjung ke Planet Ban terdekat untuk ganti oli dengan X-Ten Ester Synthetic yang lebih hemat karena bisa digunakan 2X lebih lama. Atau, Anda bisa membeli oli X-Ten dan melakukan penggantian di rumah.

Saat ini, Planet Ban tetap buka dan siap melayani kebutuhan sepeda motor Anda. Planet Ban bantu berhemat kebutuhan motor Anda dalam merawat motor. Cukup dengan mengganti oli dengan X-Ten Ester Synthetic, Anda sudah bisa menghemat biaya perawatan motor dan tetap dapat memenuhi kebutuhan lainnya.