Jarak Ideal Ganti Oli Motor Berapa KM? Ini dia Jawabannya!

Mengganti oli motor, baik matic maupun manual haruslah dilakukan secara berkala. Tidak hanya penting, oli motor merupakan salah satu suku cadang yang berperan penting dalam proses pembakaran dan kinerja mesin. Nah lantas harusnya ganti oli motor berapa km sekali? Apakah acuan yang digunakan adalah jarak kilometer atau waktu pakai? 

 

Nah sebelum dapat menjawab pertanyaan ini, sebelumnya kita harus mengenali fungsi oli dan tanda-tanda oli yang perlu diganti sebagai acuan. Peranan utama oli dalam mesin adalah sebagai pelumas utama. Kinerja oli sendiri dipengaruhi oleh panas dan kerak yang muncul akibat pembakaran yang dilakukan di dalam mesin. 

 

Oli mesin yang masih baru sendiri akan berwarna coklat atau biru pekat. Seiring dengan berjalannya waktu oli mesin akan berubah warna menjadi hitam karena panas dan kerak akibat pembakaran. Saat oli sudah berwarna hitam pekat, Anda harus mengganti oli karena sudah tercemarkan dengan zat-zat sisa pembakaran dan kerak pada mesin. Jika tidak diganti, kekuatan pelumas oli akan menurun sehingga mesin akan cepat panas dan aus. 

 

Pada motor, seiring dengan intensitas penggunaan mesin, oli akan semakin berkurang volumenya. Umumnya pada sepeda motor dengan kapasitas 150cc biasanya oli yang digunakan bervolume sekitar 1 liter.Jika volume oli terlihat kurang dari batas yang ada pada motor, segera cek jangan sampai ada kebocoran oli karena dapat merusak mesin. 

 

Jika oli sudah menghitam atau berkurang, ini berarti kondisi fisik oli sudah buruk. Biasanya hal ini ditandai dengan panasnya area mesin di kaki motor. Fenomena ini terjadi karena daya hantar panas oli yang semakin berkurang sehingga penyebaran panas pada mesin tidak merata.

 

Ciri lainnya adalah suara mesin yang semakin kasar. Hal ini terjadi karena dengan kondisi fisik oli yang sudah menurun, daya lumas terhadap gir transmisi akan menurun juga sehingga muncul bunyi yang kasar saat motor di gas atau saat sedang mengoper gigi. 

 

Jadi berapa jarak ideal untuk mengganti oli motor? Umumnya oli motor perlu diganti setelah pemakaian 3000 -  5000 kilometer, namun hal perlu dilihat juga hitungan usia pemakaian mesin. Misalnya, bagi Anda yang tinggal di daerah macet, saat sedang tidak bergerak memang kilometer motor tidak akan bertambah, namun mesin akan terus bekerja sehingga oli akan terus melumasi mesin. 

 

Inilah sebabnya, bagi Anda yang intensif menggunakan motor di wilayah perkotaan, hitungan usia mesin juga dapat digunakan acuan untuk mengganti oli. Untuk amannya, perhatikan kondisi oli setiap bulannya agar kondisi motor tetap prima. Jangan takut ribet, gunakan oli X-Ten yang tahan lama dan dapatkan servis rutin yang berkualitas hanya di Planet Ban. Bersama planet ban, kondisi motor tetap prima, hati Anda pun tenang.