Kanpas Rem: Pengertian, Fungsi, Cara Merawat, dan Rekomendasinya

Sistem pengereman kendaraan terdiri dari berbagai komponen, salah satunya adalah kanvas rem atau brake pad. Kanvas ini berperan penting untuk menjaga kondisi kendaraan ketika pengendara sedang melakukan pengereman. 

Ada dua jenis rem, yaitu rem tromol dan cakram. Rem tromol mempunyai permukaan lebih lebar dan biasanya dipakai untuk kendaraan besar seperti bus dan truk. Sementara rem cakram biasanya digunakan kendaraan yang lebih kecil, seperti mobil.  

Apa Itu Kanvas Rem?

Rem adalah komponen yang terbuat dari besi dan berfungsi untuk menekan permukaan roda ketika melakukan pengereman. Karena terbuat dari besi, akan terjadi gesekan yang dapat menimbulkan panas dan suara ketika bersentuhan dengan roda. Untuk mencegahnya, pada permukaan rem dibuat kanvas rem.   

Brake pad merupakan suatu komponen yang digunakan dalam sistem pengereman kendaraan. Alat ini berfungsi untuk membuat gesekan ketika ditekan ke piringan rem atau tromol, sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda. 

Kanvas ini terbuat dari campuran antara logam, resin, dan bahan lainnya serta terpasang di bantalan rem. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan ketika berkendara, bagian dari kanvas ini tidak boleh terlewat dari pemeriksaan. 

Fungsi Kanvas Rem 

Kanvas rem memiliki peranan yang kompleks untuk kendaraan. Berikut adalah sejumlah fungsi brake pad yang perlu diketahui. 

1. Memperlambat dan Menghentikan Kendaraan

Ketika sedang terjadi pengereman, maka brake pad akan membuat gesekan, sehingga menyebabkan roda melambat atau berhenti dengan aman.   

2. Mengendalikan Kecepatan Kendaraan

Brake pad dapat membantu pengemudi untuk mengendalikan kendaraan, sehingga dapat seimbang. Hal ini sangat penting ketika kendaraan melewati jalanan yang menanjak maupun menurun.   

3. Menjaga Keselamatan Pengemudi

Ketika kendaraan dapat menurunkan kecepatan atau berhenti dengan cepat dan stabil, maka hal ini dapat menjaga keselematan pengemudi dan mengurangi risiko kecelakaan. Di sinilah brake pad memegang peranan penting. 

4. Mengurangi energi kinetik

Brake pad berperan untuk mengurangi energi kinetik melalui gesekan yang diubah menjadi panas.

Cara Merawat Kanvas Rem 

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa kecelakaan lalu lintas terjadi karena kondisi rem tidak stabil. Salah satu hal yang dapat menyebabkan kondisi rem tidak stabil adalah kerusakan pada kanvas rem. 

Brake pad perlu diganti jika sudah menunjukkan tanda-tanda berikut: ada suara berdecit ketika rem diinjak, tarikan pada rem terasa lebih dalam, ada getaran ketika sedang mengerem, dan ada bau terbakar. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga dan melakukan perawatan yang tepat untuk brake pad.   

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin dan Ganti Minyak Rem 

Mengganti minyak rem yang efektif biasanya dilakukan setiap 20.000 km atau sesuai dengan petunjuk dari masing-masing pabrikan. Selain itu, perhatikan juga apakah ketebalan brake pad dalam batas aman.

2. Bersihkan Brake pad

Brake pad juga perlu dibersihkan, sehingga tidak menimbulkan debu yang menumpuk. Untuk membersihkan brake pad, gunakan udara bertekanan atau cairan pembersih khusus.  

3. Ganti Brake Pad secara Berkala 

Biasanya brake pad dapat diganti setiap 20.000 hingga 40.000 km. Namun, penggantian ini tetap perlu memperhatikan rekomendasi pabrikan dari setiap kendaraan. 

4. Lumasi Leher atau Bearing

Lakukan pelumasan supaya pengereman bisa berlangsung dengan optimal. Pelumasan pada leher berfungsi untuk menghindari terjadinya aus pada brake pad, sehingga membuat ban tidak stabil ketika pengereman.

Rekomendasi Kanvas Rem yang Berkualitas 

Apabila pengendara ingin mengganti kanvas rem dengan yang berkualitas tinggi. Berikut adalah rekomendasi brake pad dan harganya. 

  1. X-Grade Brakeshoe (Kampas Rem Belakang/Tromol) Honda (Vario, Beat, Scoopy, Spacy, Tiger, New Megapro), dengan harga Rp67.000. 

  2. X-Grade Brakepad (Kamas Depan/Cakram) Sonic 150 FR, dengan harga Rp41.000. 

  3. X-Grade Brakepad (Kampas Rem Depana/Cakram) Motor Yamaha, dengan harga Rp44.000. 

  4. X-Grade Brakepad (Kampas Rem Depan/Cakram) Honda Bebek-Matic, dengan harga Rp39.000. 

  5. X-Grade Brakepad (Kampas Rem Depan/Cakram) Matic Sport-Bebek-Sport, dengan harga Rp64.000.

  6. X-Grade Brakeshoe (Kampas Rem Belakang) Yamaha Jupiter MX, New Vega ZR, Vixion, Mio, Mio M3, Fino 125, New Soul, dengan harga Rp71.000.

  7. X-Grade Brakepad (Kampas Rem Depan/Cakram) New Viar, dengan harga Rp52.000. 

Demikianlah pembahasan terkait brake pad. Memastikan kondisi kanvas rem dalam keadaan baik dapat membantu kinerja rem untuk tetap optimal setiap saat berkendara.