Kenapa Ban Motor Sering Bocor? Ketahui di Sini!

Kenapa ban motor sering bocor? Pertanyaan ini sering muncul, karena permasalahan ini cukup sering terjadi dan dapat mengganggu aktivitas saat berkendara apalagi jika ingin berangkat ke kantor. Selain itu, ban motor yang bocor juga dapat membahayakan keselamatan pengendara dan orang-orang di sekitarnya. 

Oleh Karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab ban motor sering bocor agar dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Ban Motor Sering Bocor?

Berikut adalah jawaban atas pertanyaan kenapa ban motor sering bocor. 

  1. Pentil Kendor dan Tidak Tertutup

Pentil adalah tempat masuk dan keluarnya angin di ban. Jika pentil kendor dan tidak ada penutupnya, maka angin dapat keluar dan menyebabkan ban motor kempis. Jika dibiarkan terlalu lama, maka itu akan menyebabkan kebocoran.

  1. Terdapat Benda Asing di Antara Ban dan Velg

Penumpukan benda asing seperti pasir yang kerap kali di antara ban dan velg dapat menyebabkan kebocoran. Hal ini karena terjadi gesekan dan adanya celah dari ban ke velg, sehingga ada gelembung udara yang terlihat saat ban berada di air. 

  1. Kurangnya Tekanan Angin

Jika ban motor kempis, maka segeralah perbaiki tekanan anginnya. Ban yang kempis akan membuat lipatan pada dinding samping ban dan berakibat udara di dalam ban tidak mampu menahan beban sepeda motor. Hal ini akan semakin parah jika melewati polisi tidur, jalan berlubang, dan jalan yang sedang rusak.

  1. Terkena Benda Tajam

Benda tajam, seperti: paku, kaca, atau kerikil dapat menjadi sumber utama ban motor sering bocor. Biasanya yang paling sering terkena benda tajam adalah ban belakang motor karena memiliki beban yang berat. Solusi sementara yang dapat dilakukan adalah menambal ban. 

  1. Kualitas Ban

Pastikan untuk selalu membeli dan memakai ban yang baru, tidak bekas, bukan vulkanisasi, serta memenuhi standar uji kualitas SNI dan Internasional. Jangan tergiur oleh harga yang murah, karena penggunaan ban dengan kualitas yang buruk dapat membahayakan keselamatan. 

  1. Velg Bermasalah

Hal selanjutnya yang menyebabkan ban motor sering bocor, yaitu velg yang beramasalah atau rusak. Velg yang rusak dapat diketahui dari pengeroposan yang terjadi. Keropos akan berbentuk tajam dan menyobek ban sepeda motor.

Selain itu, perbedaan ukuran antara velg dengan ban juga dapat menyebabkan ban bocor. Untuk mengatasinya dapat dilakukan perawatan, seperti pengamplasan pada velg agar terhindar dari keropos. 

  1. Ban Gundul

Pemakaian ban yang sudah lama dan tidak diganti dapat menyebabkan ban gundul atau menipis. Hal ini akan sangat membahayakan pengendara. Jadi, lakukanlah perawatan dan pengecekan pada permukaan ban agar terhindar dari kebocoran.

Itulah informasi mengenai alasan kenapa ban motor sering bocor. Agar terhindar dari bahaya yang dapat terjadi di jalanan, rajinlah untuk rutin merawat setiap komponen kendaraan bermotor.