Mesin motor yang ideal berawal dari proses pembakaran yang sehat. Maka dari itu ruang bakar pada motor adalah bagian terpenting yang harus dirawat secara berkala agar kondisi motor tetap sehat sehingga berkendara akan lebih nyaman.

Lamanya penggunaan sepeda motor akan menimbulkan residu karbon yang menumpuk di ruang bakar motor. karbon tersebut bisa jadi karena perawatan mesin yang asal-asalan sehingga kotoran tidak benar-benar hilang. Akibatnya, kotoran di ruang bakar semakin menumpuk dan mesin bisa rusak.

Kerak karbon yang timbul di ruang bakar sangat rentan diakibatkan oleh konsumsi bensin dengan oktan rendah yang mempunyai kadar timbal yang lebih tinggi. Sayangnya, jika sering mengganti jenis bahan bakar yang digunakan, tidak terlalu berpengaruh pada terciptanya karbon tersebut.

Jika tidak dibersihkan secara berkala, kerak karbon pada ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran. jika hal tersebut terjadi, bisa berakibat tenaga mesin yang mulai loyo, cepat panas sampai dengan borosnya konsumsi bahan bakar kendaraan.

Hal yang harus dilakukan yaitu servis motor secara berkala. Di Planet Ban, servis motor dilakukan dengan pemberdihan mesin secara menyeluruh hingga kotoran rontok dan tarikan menjadi lebih ringan. Servis motor di Planet Ban dilakukan tanpa banyak membongkar bagian motor sehingga lebih cepat dan irit konsumsi bahan bakar

Servis motor di Planet Ban menggunakan oli X-Ten dengan kandungan Ester full synthetic yang tidak hanya melumasi namun juga dapat menjaga panas mesin serta membersihkan karbon di mesin motor. Ditampah dengan penggunaan metode Auto Clean-Up pada bensin motor dan Auto Tune-Up pada oli mesin lama dapat membesihkan kotoran berkerak di mesin yang dibuang melalui oli sisa sebelum diganti dengan oli X-Ten baru.

Tidak hanya itu, pembersihan throttle body juga sangat penting. Di Planet Ban, servis motor juga meliputi pembersihan throttle body motor agar aktifitas pembakaran menjadi lebih bersih dan aman sehigga tarikan menjadi lebih enteng. Selain itu, pengantian filter udara bisa membuat mesin motor lebih aman karena suplai udara yang bersih dapat menghindari terjadinya penumpukan kotoran baru di dalam mesin.

Service motor di Planet Ban bisa dilakukan setiap 4 bulan sekali atau setiap 2 kali penggantian oli. Dengan melakukan servis motor secara berkala di Planet Ban, kerak dan kotoran di mesin dan ruang bakar dapat dibersihkan sehingga performa motor jadi lebih nyaman dan memperpanjang usia pakai motor.

(RN)