Kunci Cakram Motor: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Merawatnya

Selain performa, keamanan motor juga perlu diperhatikan, salah satunya dengan menggunakan kunci cakram motor. Kunci ini berperan efektif dalam mengamankan motor dari tindak pencurian.  

 

Ada berbagai jenis kunci cakram yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan motor. Penting untuk mengetahui fungsi dan cara kerjanya agar tidak keliru.  

Pengertian dan Fungsi Kunci Cakram Motor  

Kunci cakram motor adalah kunci yang berfungsi sebagai pelindung tambahan selain kunci kontak standar dengan mengunci roda menggunakan sistem kunci di cakram. 

 

Dengan penguncian tersebut, perputaran roda bisa dicegah, sehingga sulit untuk dicuri. Dari waktu ke waktu, semakin banyak jenis kunci cakram dengan kecanggihan masing-masing, seperti sensor alarm.      

Jenis-Jenis Kunci Cakram

Berikut adalah berbagai jenis kunci cakram dengan cara kerjanya masing-masing. 

1. Kunci Cakram Manual

Kunci cakram manual adalah jenis kunci cakram yang paling umum. Untuk mengoperasikannya, masukkan kunci ini ke dalam lubang mur roda. Lalu putar untuk mengunci cakram.  

2. Kunci Cakram Elektronik 

Sesuai namanya, kunci cakram ini dilengkapi sensor deteksi getaran dan alarm yang bisa menginformasikan jika terjadi aktivitas mencurigakan. Pastikan sensor dan alarm selalu aktif.  

 

Adanya sensor dan alarm di kunci cakram meningkatkan keamanan pada motor, karena bisa memberikan peringatan dini terhadap ancaman pencurian. Dengan begitu, pemilik motor juga bisa lebih tenang saat memarkirnya di tempat umum.    

3. Kunci Cakram Digital

Kunci cakram digital bisa dioperasikan secara nirkabel dan hadir dengan berbagai fitur canggih yang meningkatkan keamanan motor.  Salah satunya adalah kemampuan untuk terkoneksi dengan smartphone melalui bluetooth.  

Cara Merawat Kunci Cakram  

Seperti komponen pada sepeda motor, kunci cakram juga perlu dirawat dengan benar. 

1. Periksa Baterai

Khusus kunci cakram elektronik dan digital, periksa kondisi baterai secara rutin guna memastikan bahwa alarm dan sensor tetap berfungsi dengan benar. Ganti juga baterai secara rutin untuk mencegah risiko kegagalan sistem.  

2. Perhatikan Penyimpanan   

Simpan kunci cakram di tempat yang terhindar dari kelembapan, karena itu bisa mengakibatkan korosi. Ingatlah juga untuk tidak menaruh kunci cakram di tempat yang langsung terpapar sinar matahari, karena paparan sinar tersebut bisa merusak kunci.  

3. Lakukan Lubrikasi Rutin

Khusus kunci cakram manual, pastikan Anda memberikan lubrikasi dengan rutin. Jangan gunakan pelumas yang berat, karena bisa merusak komponen pada kunci cakram. 

4. Uji Fungsi

Uji fungsi kunci cakram secara berkala untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan benar. Jika ada tanda-tanda aus, segera perbaiki atau bahkan ganti dengan yang baru apabila diperlukan.  

 

Penggunaan kunci cakram sangat penting demi keamanan motor. Dengan melakukan tindakan perawatan di atas, Anda bisa meningkatkan masa pakai kunci cakram motor dan mengoptimalkan kinerjanya dalam melindungi sepeda motor dari ancaman pencurian.