Kunci Ganda Motor: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Kunci ganda motor merupakan alat keamanan tambahan yang vital bagi pengendara motor di era modern. Kunci ganda menjadi solusi preventif yang efektif untuk menjaga aset berharga Anda di tengah maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

 

Mengutip dari laman Humas Polri, Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes. Pol. Erdi Adrimurlan Chaniago menyebutkan bahwa kasus curanmor meningkat pesat pada awal Ramadhan 1445 H. 

 

Dalam rilisnya, Selasa (19/3), ia menyebut terjadi sebanyak 63 kasus curanmor. Kasus ini menjadi salah satu dari 5 jenis kejahatan yang menjadi perhatian tertinggi bagi kepolisian. Tentu bagi pemiliki sepeda motor, salah satu upaya untuk mengantisipasi hal demikian adalah dengan memasang kunci ganda pada motor. 

 

Namun, sebelumnya, tahukah Anda fungsi kunci ganda pada motor dan jenis-jenisnya? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya. 

Pengertian Kunci Ganda Motor 

Sesuai namanya, kunci ganda motor adalah alat pengunci tambahan yang diaplikasikan pada motor selain kunci kontak standar. Kunci ini umumnya terbuat dari bahan yang kokoh, seperti baja, dan memiliki mekanisme penguncian yang berbeda dengan kunci kontak. 

 

Kunci ini memiliki beberapa tipe yang biasa dipasangkan pada motor. Misalnya di bagian rem, rantai, ban, maupun stang. Kunci ini menjadi alat pengaman ekstra untuk menghindari terjadinya pencurian. 

Fungsi Kunci Ganda Motor  

Fungsi utama kunci ganda motor adalah untuk meningkatkan keamanan dan meminimalisir risiko pencurian. Berikut adalah beberapa fungsi spesifiknya:

 

  1. Mencegah terjadinya pencurian melalui mekanisme penguncian yang kompleks pada kunci ganda. Hal ini menyulitkan maling untuk membobol dan mencuri motor.

 

  1. Memperkuat keamanan dengan menjadi lapisan keamanan tambahan, sehingga meningkatkan kesulitan bagi pencuri.

 

  1. Memberikan efek jera bagi calon pencuri, karena tampilannya yang kokoh dan mencolok.

 

  1. Memberikan rasa aman dan tenang bagi pengendara saat memarkir motor di tempat umum. 

Jenis-Jenis Kunci Ganda pada Motor

Terdapat tiga jenis kunci ganda yang umum dipasarkan, yaitu:

  1. Kunci Rem Cakram (Dishlock)

Jenis kunci ini dipasang pada cakram rem motor dan dapat mengunci roda, sehingga motor tidak dapat bergerak.

 

Kunci rem cakram umumnya menggunakan sistem hidrolik yang mengunci roda dengan kuat. Kunci jenis ini mudah untuk dibawa karena ukuran dimensinya cukup kecil. 

  1. Kunci Pengaman Stang (Griplock) 

Kunci ini dipasang pada stang motor sehingga mampu mengunci stang agar tidak dapat berbelok.

 

Sementara kunci pengaman stang menggunakan sistem mekanis yang mengunci stang pada posisi tertentu. Pada kondisi ini, motor tidak dapat digerakkan maju atau mundur, karena stang terkunci. 

  1. Gembok Motor

Kunci jenis ini cukup konvensional. Biasanya kunci ini digunakan untuk mengunci pintu atau gerbang. Akan tetapi, jenis kunci ini dapat juga digunakan pada motor. 

 

Kunci ganda pada motor merupakan alat keamanan yang esensial bagi pengendara motor di era modern. 

 

Fungsinya untuk meningkatkan keamanan dan meminimalkan risiko pencurian. Cara kerjanya pun relatif mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap pengendara untuk menggunakan kunci ganda motor sebagai langkah preventif untuk menjaga motor masing-masing.