Akhir tahun hingga triwulan pertama di tahun depan, tentunya sedang memasuki musim hujan. Perubahan cuaca yang drastis membuat hujan turun dengan intensitas yang cukup tinggi dalam beberapa hari. Hal ini cukup merepotkan, salah satunya bagi pengguna sepeda motor.

Berkendara di saat hujan membuat pandangan menjadi terbatas. Hal ini membuat pengendara motor harus selalu berhati-hati dan fokus selama berkendara di saat hujan. Menjaga kesehatan juga penting agar tetap bisa beraktifitas.

Lalu, bagaimana dengan sepeda motor? Apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk sepeda motor saat musim hujan?

1. Panaskan Mesin

 

Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin sebelum menggunakan sepeda motor. Hal ini untuk melancarkan kinerja mesin agar nyaman digunakan. Lakukan pemanasan mesin motor setidaknya 2 menit sebelum digunakan.

2. Cek Kedalaman Alur Ban

 

Penting! Sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan pemukaan jalan, perhatikan kedalaman alur ban, terutama di musim hujan. Kedalaman alur ban akan menjaga keamanan berkendara karena jalanan menjadi basah dan memungkinkan ban slip.

3. Jaga Tekanan Angin Ban

Jangan sekali-kali mengurangi tekanan/kadar angin dalam ban untuk berkendara di musim hujan. Ban motor memiliki batas kecukupan tekanan angin agar tidak oleng saat melintasi jalanan yang tidak merata. Terlebih lagi, saat hujan, permukaan jalan akan tertutup genangan air.

4. Cek Kondisi Rem

Komponen rem tidak kalah penting untuk sepeda motor yang digunakan saat hujan. Agar kecepatan motor bisa diatur, perhatikan kondisi rem Anda. Kampas rem yang terkena air hujan akan menimbulkan bunyi yang mengganggu dan juga sebagai pertanda bahwa terdapat masalah di komponen tersebut.

5. Bersihkan Rantai

Saat hujan, pengendara motor manual perlu membersihkan rantai motor setelah berkendara cara mengelap, mem-flushing dan melumuri rantai dengan oli rantai. Cipratan lumpur bisa mengotori rantai sehingga rentan macet dan terganggu. Air hujan juga bisa membuat rantai menjadi berkarat.

6. Mencuci Motor

 

Air hujan memiliki kandungan asam yang dapat melunturkan warna asli dari motor. Sebaiknya, cuci motor dengan membilas seluruh bodi motor yang terkena hujan untuk menjaga warnanya tetap terjaga.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan pada sepeda motor yang digunakan saat hujan. Lakukan hal-hal di atas untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap aman dan nyaman untuk digunakan.