Macam-Macam Obeng dan Fungsinya dalam Dunia Otomotif

Obeng merupakan salah satu alat penting dalam dunia otomotif dan juga pertukangan. Ada banyak macam-macam obeng serta fungsinya dalam dunia otomotif. Obeng biasanya digunakan untuk melakukan berbagai hal seperti mengencangkan baut atau lainnya.

Selain beberapa jenis, obeng juga terdiri dari beberapa ukuran. Obeng saat ini sudah semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. 

8 Macam-Macam Obeng

Dalam dunia otomotif, obeng ketok memiliki fungsi penting untuk memperbaiki mobil. Fungsi obeng sendiri sebenarnya untuk membuka dan mengencangkan baut. Di pasaran saat ini ada banyak jenis obeng dengan fungsi yang beragam. Berikut adalah macam-macam obeng dan fungsinya dalam dunia otomotif. 

1. Obeng Torx

Obeng torx adalah obeng yang lumayan unik, karena hanya berfungsi pada sekrup tertentu saja. Bentuk obeng torx ini cukup unik dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. 

2.  Obeng Elektrik

Dalam penggunaan obeng elektrik ini tidak perlu menggunakan tenaga manusia untuk memutar sekrup karena obeng elektrik ini akan menggunakan tenaga baterai.

3.  Obeng Ratchet

Obeng ratchet ini adalah jenis obeng yang memiliki bentuk seperti pistol dengan gagang yang memiliki mata sekrup. Mata sekrup pada obeng ratchet ini ada banyak jenisnya dan bisa diganti-ganti, sehingga akan lebih praktis. 

4.  Obeng Flat Head

Obeng flathead adalah obeng paling tua, karena sudah ada sejak abad ke-15. Obeng yanh paling terkenal di dunia ini memiliki bagian ujung yang pipih. 

Obeng yang dikenal juga sebagai obeng min ini berguna untuk mengencangkan atau mengendorkan sekrup min atau yang memiliki mata pipih. 

5.  Obeng Philips

Obeng philips memiliki ujung miring yang akan berperan penting untuk memasukkan obeng lebih dalam ke bagian kepala sekrup.

6.  Obeng Kembang

Obeng kembang ini memiliki ujung yang berbentuk seperti tanda tambah. Obeng yang sering disebut obeng plus ini berfungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan baut. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan baut yang digunakan.  

7.Obeng Tespen

Bentuk obeng test pen atau yang dikenal juga sebagai tespen ini hampir mirip dengan obeng pipih. Fungsinya adalah untuk mengecek aliran listrik di alat elektronik. Obeng tespen berperan penting dalam membuka baut pada alat elektronik. 

8.  Obeng Magnet

Obeng magnet akan sangat berguna saat mengerjakan pekerjaan yang berat. Sesuai namanya, obeng ini memiliki kandungan magnet, yang berguna untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan. 

Penggunaan obeng magnet ini akan mempercepat dan melancarkan proses mengencangkan dan melepas baut. Jenis obeng ini sangat bisa diandalkan, apalagi untuk pekerjaan sulit. 

Demikian adalah macam-macam obeng dalam dunia otomotif yang akan sangat berguna untuk memperbaiki setiap bagian yang ada di kendaraan bermotor.