Merawat motor dan semua komponennya tentu gampang-gampang susah. Untuk Anda yang senang modifikasi atau gonta-ganti ssparepart motor, pasti ada saja mitos dan fakta yang simpang siur dan bikin ragu untuk modifikasi, ganti sparepart atau bahkan sekerar servis motor.

Beberapa info yang umum di dunia sepeda motor, kami rangkum menjadi Mitos dan Fakta terkait sepeda motor. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta seputar sepeda motor yang kami rangkum untuk Anda:

1. Penggunaan Nitrogen Bikin Ban Lebih Awet

Fakta. Nitrogen tidak mudah menguap sehingga kadar anginnya tidak cepat berkurang. Ban yang tidak mudah kempes akan lebih awet karena komposisi permukaan yang menempel di lebih stabil.

2. Manasin Motor Minimal 10 Menit

Mitos. Memanaskan mesin motor sebelum digunakan bertujuan agar kondisi mesin lebih stabil untuk digunakan. Proses ini cukup dilakukan 2-3 menit saja karena selanjutnya, mesin akan menyesuaikan panasnya sendiri.

3. Motor motor baru tidak boleh dipakai ngebut

Fakta. Saat awal digunakan, motor baru harus melakukan masa di mana mesin motor melakukan penyesuaian. Agar motor siap digas sampai maksimal, maka akselerasi harus dilakukan secara bertahap.

4. Memanaskan Motor Bikin Motor Lebih Prima?

Fakta. Proses pemanasan mesin bertujuan untuk menstabilkan proses pembakaran pada mesin motor. Hal ini membuat motor lebih nyaman dan tidak tersendat saat dikendarai

5. Geber Gas Sebelum Matikan Mesin Membuat Aki Terisi Maksimal

Mitos. Proses pengisian aku berlangsung saat motor dikendarai. Selama digunakan dengan stabil, maka aki motor akan terisi dengan maksimal. Sistem pengisian saat ini sudah jauh berbeda dengan jaman dahulu.

6. Upsize Ban Bikin Boros BBM

Fakta. Semakin besar ban yang digunakan, maka dapat menambah bobot motor tersebut. Semakin berat beban motor maka dapat mempengaruhi konsumsi BBM selama mesin bekerja.

7. Electric Starter Bikin Aki Boros

Mitos. Semakin canggihnya mesin motor saat ini, tombol starter elektrik mempermudah mesin motor menyala dan siap digunakan. Artinya, aki motor selalu dalam keadaan stabil dan sial memberi dorongan untuk menyalakan mesin.

Nah, sekarang udah tau kan mana yang mitos dan mana yang fakta. Gak perlu bingung lagi kalau mau merawat motor.