Motor Mogok Karena Apa Saja? Ini Penyebabnya

Motor mogok merupakan salah satu hambatan yang bisa terjadi di tengah perjalanan. Untuk menghindarinya, para pengendara harus tahu motor mogok karena apa saja.

 

Dengan mengetahui berbagai penyebabnya, para pemilik motor bisa mencegah hal-hal itu agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar dan nyaman. 

Motor Mogok Karena Apa Saja?  

Lantas, motor mogok karena apa saja? Simak berbagai penyebabnya berikut ini. 

1. Kehabisan Bahan Bakar 

Penyebab utama mogoknya motor adalah kehabisan bahan bakar. Ketika bahan bakar habis, maka suplai ke ruang pembakaran pun lantas berhenti. Tanpa menerima suplai bahan bakar untuk pengapian, mesin motor tidak akan bisa menyala, sehingga akhirnya mogok.  

2. Busi yang Bermasalah

Busi motor bertugas untuk menghasilkan percikan api, sehingga menghasilkan pembakaran dari campuran udara dan bahan bahan bakar. Ledakan inilah yang mendorong mesin untuk menyala.  

 

Namun, busi bisa saja rusak karena ada kotoran yang menyumbat kabel businya atau kepala businya sudah kotor, sehingga tidak lagi dapat menghasilkan percikan api. Selain itu, pemasangan busi yang tidak tepat juga bisa menyebabkan masalah.  

3. Keran Saluran Bensin Tertutup  

Jika tangki bensin sebenarnya masih penuh, tetapi motor tetap mogok, maka itu bisa terjadi karena tertutupnya keran saluran bensin ke karburator. Keran itu bisa tertutup karena tersumbat oleh berbagai jenis kotoran atau memang masih ditutup karena sudah lama tidak dikendarai. 

 

Keran ini sendiri bertugas untuk mengalirkan bahan bakar ke karburator. Dengan demikian, jika keran ini tertutup, maka bensin tidak akan bisa mengalir, sehingga mesin pin tidak bisa hidup.     

4. Ventilasi Tangki Bensin Tersumbat 

Di tutup tangki bensin ada lubang kecil sebagai ventilator yang berperan untuk 

menyamakan tekanan di luar dan dalam tangki. Jika lubang ini tersumbat, maka sirkulasi udara dan aliran bensin akan terhambat, sehingga berakibat pada mogoknya motor.  

5. Mesin Motor Terlalu Panas 

Kondisi mesin yang terlalu panas juga dapat mengakibatkan motor mendadak mati alias mogok. Ini dapat terjadi karena motor terlalu sering digunakan berkendara dalam jarak jauh, sehingga menyebabkan mesin cukup lama menyala tanpa henti.  

 

Penggunaan motor dengan istirahat yang minim dapat menimbulkan suhu panas akibat gesekan piston. Dengan begitu, pelumas tidak bisa meredam suhu panas, sehingga menyebabkan piston memuai dan macet.   

6. Kehabisan Oli Mesin 

Tak hanya bahan bakar, kehabisan oli mesin juga bisa mengakibatkan motor mogok. Oli merupakan pelumas mesin yang mencegah terjadinya gesekan antarkomponen mesin motor. 

 

Habisnya oli mesin akan membuat komponen mesin saling bergesekan, sehingga mengakibatkan mesin cepat aus dan panas. Hal inilah yang mengakibatkan motor mogok.  

 

Setelah mengetahui motor mogok karena apa, kini saatnya untuk menjaga kondisi motor agar tetap prima dan terhindar dari kondisi mogok. Caranya adalah dengan rutin memeriksa kondisi motor dan mengganti bagian-bagian yang perlu diganti.