Fase new normal sudah berjalan hampir 1 bulan. Meski demikian, kita tetap harus menyesuaikan diri dengan keadaan di tengah pandemi. Sebagian besar di antara kita mungkin telah melakukan berbagai aktifitas di rumah dan mengurangi intensitas untuk keluar rumah, terutama berkendara.

Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB membuat penggunaan sepeda motor menjadi terbatas. Demi menjaga kesehatan, kita lebih memilih tidak keluar rumah dan beraktifitas dari dalam rumah. Saking jarangnya menggunakan sepeda motor, kita bisa saja melupakan sesi perawatan yang harusnya dilakukan.

Meski tidak terpakai dalam jangka waktu lama, servis rutin motor tetap wajib dilakukan agar motor selalu dalam kondisi prima saat ingin kembali digunakan. Tapi, bagaimana jika waktu servis motor seharusnya dilakukan sebelum masa PSBB? Tiga bulan kemudian tidak digunakan secara rutin, bagaimana perawatannya?

Untuk memulai perawatan motor yang sempat tertunda, secara umum sama seperti servis rutin pada umumnya. Pengecekan kondisi motor secara menyeluruh harus dilakukan untuk menemukan kendala-kendala dari yang kecil hingga yang fatal. Umumnya kendala yang muncul bisa langsung dari pusat mesin maupun komponen lain di luar itu.

Perawatan motor bisa dilakukan mulai dari servis ringan yang meliputi pemeriksaan kaki-kaki, pembersihan filter udara, pemeriksaan sistem injeksi, dan pembersihan area CVT untuk tipe motor matik. Selain itu oli mesin juga wajib diganti agar sistem pelumasan bekerja optimal.

Di Planet Ban, servis rutin bisa dilakukan untuk pembersihan throttle body, dan CVT belt pada motor matic atau rantai pada motor manual. Di samping itu, pada paket servis rutin di Planet Ban akan dilakukan juga pengecekan dan penyetelan ban motor, rem, aki, air filter, radiator busi dan ECU. Biaya Servis Rutin di Planet Ban hanya Rp 39.000

Jangan lupa juga untuk mengganti oli motor Anda dengan oli X-Ten yang 2X lebih lama dari oli biasa. Dengan kandungan Ester sebagai base oli grup tertinggi saat ini membuat mesin menjadi lebih stabil dan performa yang prima. Oli X-Ten dapat melapisi dinding piston sehingga mecegah terjadinya gesekan kasar yang merusak serta menjaga mesin tetap bersih salama pemakaian.

(RN)