Nama-Nama Alat Bengkel dan Fungsinya

Ada banyak nama-nama alat bengkel beserta fungsinya yang perlu diketahui ketika seseorang ingin membuka bengkel atau bekerja di bengkel. Mengetahuinya dapat memudahkan proses perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor. 

Peralatan bengkel digunakan sebagai alat bantu kerja dan dibagi menjadi dua, yaitu: alat tangan dan alat bertenaga. Alat tangan menggunakan tenaga manusia, sedangkan alat bertenaga menggunakan tenaga dari luar.  

Nama-Nama Alat Bengkel dan Kegunaannya 

Berikut adalah beberapa nama-nama alat bengkel dan fungsinya yang dapat dipahami.

  1. Kunci Ring 

Kunci ring berfungsi untuk melepas baut atau mur yang kepalanya berbentuk lingkaran dengan jumlah gigi 12.  

2. Kunci Pas 

Kunci pas berfungsi untuk melepas baut atau mur yang tidak bisa dilepaskan dengan menggunakan kunci ring, seperti melepas baut spion.  

3. Kunci Socket   

Alat ini berdinding tipis dan dibuat untuk digunakan dengan alat penggerak yang dioperasikan dengan tangan. Alat ini sangat cocok dipakai pada mur atau baut dalam 12 posisi yang berbeda-beda.  

4. Kunci Nipel 

Kunci nipel berfungsi untuk atau melepas baut pada sambungan pipa yang tidak dapat menggunakan kunci socket atau kunci ring

5. Ratchet

Ratchet yang sering dikenal dengan erek berfungsi untuk melepas atau memasang baut dalam keadaan longgar tanpa harus mepelas kunci socket dari kepala baut. 

6. Batang Geser T

Batang geser T adalah salah satu setang batang socket yang dipasang dengan kunci socket dan berfungsi untuk mengendorkan mur atau baut yang sangat kencang.  

7. Batang Perpanjangan Sock 

Batang perpanjangan socket atau dikenal dengan sambungan, berfungsi untuk memanjangkan kunci socket agar dapat menjangkau mur atau baut yang akan dilepas

8. Sambungan Sock Universal 

Fungsinya adalah sebagai sambungan saat akan melepas baut atau mur yang tidak terjangkau dengan sambungan socket biasa atau area yang sulit.

9. Socket Segi Enam 

Socket segi enam merupakan kunci yang berfungsi untuk melepas atau memasang mur roda yang memiliki bidang sentuh pada seluruh bagian kepala baut atau mur karena memiliki jumlah segi yang sama.

10. Kunci Busi 

Kunci busi berfungsi khusus untuk melepas atau memasang busi. Perlu menggunakan setang socket untuk menggunakan kunci busi ini.

11. Kunci Roda

Kunci roda berfungsi untuk melepas atau memasang mur pada roda. Biasanya memiliki 3 atau 4 ujung socket dengan ukuran yang berbeda-beda.

12. Kunci Allen

Kunci allen adalah alat bengkel yang berfungsi untuk melepas atau mengganti mur dan sekrup dengan tengah kepala berbentuk segi enam (allen headed cap).

13. Kunci Socket Bintang 

Kunci socket bintang berfungsi untuk melepas baut atau mur bintang yang memiliki segi, seperti pada kunci, ada yang segi 5, ada yang segi 10, dan sebagainya.

14. Kunci Inggris 

Kunci inggris berfungsi untuk menyesuaikan besar kecilnya kepala baut atau mur. Namun, kunci ini tidak direkomendasikan untuk pekerjaan yang berat.

15. Obeng 

Obeng berfungsi untuk membuka atau mengencangkan sekrup. Ada dua jenis obeng yang umum ditemui, yaitu: obeng plus dan obeng minus.

Itulah nama-nama alat bengkel dan fungsinya masing-masing yang perlu dipahami. Setelah memahaminya dengan baik, pastikan untuk menggunakannya dengan optimal dan hati-hati.